Stok Mencukupi, Bio Farma Stop Produksi Vaksin Covid-19

Minggu, 22 Januari 2023 - 11:00 WIB
loading...
Stok Mencukupi, Bio Farma Stop Produksi Vaksin Covid-19
Bio Farma menghentikan sementara produksi vaksin Covid-19 IndoVac. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
BANDUNG - PT Bio Farma menghentikan sementara produksi vaksin Covid-19 IndoVac. Penghentian ini seiring belum adanya permintaan dari Kementerian Kesehatan dan ketersediaan stok vaksin yang masih mencukupi.

"Stok vaksin IndoVac saat ini masih mencukupi. Sementara kami stop dulu (produksi), sambil menunggu order dari Kemenkes (Kementerian Kesehatan)," kata Direktur Utama PT Bio Farma Honesti Basyir di Bandung pada acara Media Gathering Bio Farma, Sabtu (22/1/2023).



Hal itu menyikapi pandemi Covid-19 yang mulai mereda. Sementara cakupan vaksinasi Covid-19 juga sudah cukup tinggi. Aturan perjalanan juga telah mencabut persyaratan vaksinasi. Sebanyak 500 juta dosis telah didistribusikan ke seluruh wilayah di Indonesia sejak pandemi berlangsung.

"Memang pandemi mungkin telah berakhir, tetapi sebagai ketahanan kesehatan nasional, kita tetap butuh. Saat ini yang belum divaksin adalah anak-anak dibawah 6 tahun. Mereka belum terproteksi," beber Honesty.



Melihat kondisi pandemi yang mulai mereda ini, kata dia, Bio Farma akan terus mengembangkan vaksin IndoVac yang merupakan vaksin buatan anak bangsa. Vaksin IndoVac kedepan akan dikembangkan menjadi vaksin multi strine untuk menangkal berbagai virus corona.



"Bagaimana IndoVac akan kami kembangkan menjadi vaksin multi strain. Sehingga kalau ada serangan virus baru, kami sudah siap," imbuh dia.

Namun dengan berakhirnya pandemi, ke depan vaksin Covid bisa jadi tidak ditanggung pemerintah, sehingga vaksin tersebut bisa jadi akan dijual untuk memenuhi kebutuhan khusus warga.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2100 seconds (0.1#10.140)