Ganti LPG 3 Kg ke Kompor Listrik, Harga Paketnya Rp1,8 Juta

Kamis, 22 September 2022 - 16:24 WIB
loading...
Ganti LPG 3 Kg ke Kompor Listrik, Harga Paketnya Rp1,8 Juta
Pemerintah mendorong konversi penggunaan LPG 3 kg ke kompor listrik untuk rumah tangga. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus mendorong program konversi penggunaan LPG 3 kilogram (kg) ke kompor listrik untuk rumah tangga. Sekretaris Jenderal Kementerian ESDM Rida Mulyana mengatakan harga paket kompor listrik sekitar Rp1,8 juta. Di mana satu paket terdiri dari dua tungku, satu alat masak, dan satu miniature circuit breaker (MCB).

"Jadi satu rumah itu dikasih satu paket, kompornya sendiri, alat masaknya sendiri, dayanya dinaikin," ujar Rida di Gedung DPR, Kamis (22/9/2022).

Lihat SINDOgrafis: 300.000 Kompor Listrik Bakal Dibagikan Pemerintah Gratis

Menurut dia paket tersebut akan dibagikan gratis untuk tahun ini sebagai implementasi dari program konversi LPG 3 kg ke kompor listrik. Pemberian paket kompor listrik garatis tersebut diberikan kepada masyarakat kurang mampu yang terdaftar di Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS), sedangkan bagi warga mampu mengeluarkan biaya sendiri.

Sementara itu, Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arifin Tasrif mengungkapkan alasan diluncurkannya program tersebut. Salah satunya untuk menyerap kelebihan pasokan pembangkit listrik PLN.

Baca Juga: Siap Gantikan LPG 3 Kg, Daerah Ini Mulai Uji Coba Kompor Listrik

Pasalnya, daya listrik yang terlebih tersebut masih harus ditanggung PLN kepada independent Power Producer (IPP). "Ini salah satu program untuk meningkatkan demand," kata Arifin.

(nng)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1340 seconds (11.252#12.26)