Bos Petronas Bertandang ke Kementerian ESDM, Bakal Buka SPBU Lagi?

Jum'at, 23 September 2022 - 15:57 WIB
loading...
Bos Petronas Bertandang ke Kementerian ESDM, Bakal Buka SPBU Lagi?
Bos Petronas bertemu Menteri ESDM Arifin Tasrif bahas kerja sama investasi. Foto/Reuters
A A A
JAKARTA - President & Group CEO Petronas Tengku Muhammad Taufik berkunjung ke Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral ( ESDM ) dan bertemu dengan Menteri ESDM Arifin Tasrif selepas Salat Jumat. Dalam pertemuan tersebut, petinggi BUMN migas asal Malaysia tersebut menungkapkan tengah menjajaki potensi investasi di Indonesia.

Baca juga: 9 Pedang Peninggalan Nabi Muhammad SAW

Taufik mengatakan bahwa kerja sama tersebut sebagai upaya mendorong ketahanan energi dan melihat potensi bisnis dari hulu hingga ke hilir. "Itu namanya dalam rangka serumpun, ini for energy security. Kami dengan SKK Migas sebagai satu pengusaha minta izin tuan rumah melihat apa-apa yang (jadi) potensi kolaborasi untuk huluan sampai ke hiliran," kata Taufik di Kementerian ESDM, Jumat (23/9/2022).

Taufik menambahkan kerja sama investasi di Indonesia akan dilakukan setelah mendapat izin dari SKK Migas. Selain itu, Petronas juga akan menggandeng Pertamina jika dan pihak lain.
"Untuk membangun security energy untuk Indonesia," ucap Taufik.

Saat ditanya apakah akan kembali ke bisnis hilir, atau menjual BBM lewat SPBU seperti yang pernah dilakukan Petronas, Tengku mengatakan keuntungan dari bisnis ini sangat menantang. Namun begitu, dia mengatakan tengah melirik bisnis petrokimia dan pelumas.

Sebagaimana diketahui, Petronas sempat berbisnis SPBU di Indonesia. Namun, kemudian Petronas hengkang dari bisnis ini.

Baca juga: Soal Dewan Kopral, Relawan Taati Imbauan Ganjar untuk Menahan Diri

"Di hiliran itu seperti (kita) tahu marginnya amat mencabar (menantang), tapi sekarang karena peralihan tenaga sama melalui hiliran chemical, ataupun hiliran lubricant masih ada ruang-ruang untuk kami masuk. Insya Allah," katanya.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1638 seconds (11.210#12.26)