Bakal Wara-wiri di Jalanan Indonesia, Ini Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Motor Listrik

Senin, 26 September 2022 - 18:05 WIB
loading...
Bakal Wara-wiri di Jalanan Indonesia, Ini Kelebihan dan Kekurangan Sepeda Motor Listrik
Motor listrik disebut jadi alternatif pengganti motor konvensional. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Penggunaan energi yang lebih ramah lingkungan terus digencarkan, salah satunya sepeda motor berbahan bakar bensin atau BBM yang secara bertahap akan dikonversi ke motor listrik.

Terkait hal ini, Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) juga melakukan pembinaan ke bengkel-bengkel yang melakukan konversi.

Menteri ESDM Arifin Tasrif mengatakan, pembinaan kepada para pelaku usaha bengkel ini dilakukan agar semakin banyak bengkel yang bisa melakukan konversi sesuai dengan aturan yang berlaku.

"Saat ini program motor listrik masih dalam skala pilot project tetapi dalam program pilot project ini kita juga sudah mempunyai empat bengkel tersertifikasi dan saat ini ada lagi 40 bengkel lagi yang mengajukan untuk pelatihan bagaimana bisa melakukan konversi, ini akan terus ditumbuh kembangkan," ujarnya dalam keterangan resmi, dikutip Senin (26/9/2022).

Baca juga: Pemerintah Bidik 1,6 Juta Motor Listrik di 2023, Pengamat: Mudah Saja

Motor listrik disebut-sebut bisa menjadi alternatif pengganti motor konvensional atau motor biasa. Salah satunya karena motor listrik tidak menyebabkan polusi sehingga bisa memperbaiki kualitas udara di lingkungan sekitar.

Secara umum kendaraan listrik ini memang ditujukan sebagai alternatif kendaraan di masa depan yang ramah lingkungan. Motor listrik disebut bisa menjadi alternatif motor berbahan bakar bensin. Berikut ini beberapa kelebihan dari motor listrik:

1. Ramah Lingkungan
Berbeda dengan motor konvensional, motor listrik ini tidak menghasilkan emisi gas yang bisa mencemari kualitas udara. Hal ini dikarenakan kendaraan listrik ini menggunakan energi dari baterai, bukan bahan bakar minyak. Inilah yang membuat tidak ada asap knalpot yang menambah kadar karbondioksida di udara.

2. Suara Motor Lebih Halus
Kelebihan motor listrik selanjutnya adalah memiliki suara mesin yang cenderung lebih halus. Ini karena motor listrik memang tidak memiliki proses internal sehingga tidak terjadi kebisingan seperti motor konvensional.

Pada beberapa kondisi, suara motor listrik yang lebih halus ini tentu cukup berguna bagi pengemudi. Misalnya, ketika melewati gang perumahan di malam hari, pengendara tidak perlu mematikan mesin motornya karena takut mengganggu kenyamanan.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1398 seconds (10.55#12.26)