GOTO di Jalur Pertumbuhan Pendapatan Berkelanjutan

Senin, 26 September 2022 - 14:24 WIB
loading...
GOTO di Jalur Pertumbuhan Pendapatan Berkelanjutan
PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk (GOTO) dinilai oleh perusahaan sekuritas berbasis di Australia sedang berada dalam jalur yang tepat untuk mendapatkan keuntungan bisnis secara berkelanjutan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk ( GOTO ) mendapat peringkat Outperform dari Macquarie, perusahaan sekuritas berbasis di Australia. Perusahaan ekosistem digital terbesar di Indonesia ini dinilai sedang di jalur yang tepat untuk mendapatkan keuntungan bisnis secara berkelanjutan dengan potensi pertumbuhan pendapatan yang solid.

Baca Juga: Meneropong Pergerakan GoTo di Tengah Kejatuhan Saham Sektor Teknologi

Macquarie Sekuritas Indonesia dalam risetnya berinisiatif menyematkan peringkat Outperform melihat harga saham GOTO yang saat ini diperdagangkan di kisaran Rp266 per saham. Seperti diketahui, istilah Outperform digunakan untuk saham yang diperkirakan kenaikannya bisa melebihi rata-rata pasar (Indeks Harga Saham Gabungan/IHSG).

Target harga saham (Target Price) GOTO secara jangka pendek menurut sekuritas yang berpusat di Australia ini adalah Rp324 per saham. Kuncinya ada pada eksekusi monetisasi dan efisiensi yang lebih baik.

”Kami menggunakan beberapa metodologi dalam menilai GOTO. Target harga Rp324 kami menyiratkan kelipatan rasio EV (Enterprise Value/EBITDA) terhadap pendapatan bersih sebesar 16,2 kali,” tulis riset yang disusun analis Macquarie Sekuritas Indonesia, Ari Jahja dan Akshay Sugandi yang dirilis jelang akhir September ini.

Dalam situasi harga saham GOTO sedang lebih rendah dibandingkan saat pencatatan perdana di Bursa Efek Indonesia (BEI) tim analis Macquarie juga melihat ada cerminan faktor fundamental yang kuat sebagai penopang.

Macquarie menilai bahwa dengan monetisasi dan efisiensi yang lebih baik, GOTO dipercaya bisa mendapatkan rating yang lebih baik. Macquarie menilai harga saham GOTO lebih tangguh (resilient) dibandingkan dengan harga saham perusahaan teknologi sejenis.

”Valuasi premium saham GOTO mungkin didukung oleh ekosistem digital terintegrasi yang fokus di Indonesia sebagai pasar terbesar di Asia Tenggara dan keunikan perusahaan sebagai wujud nyata ekosistem teknologi,” jelas riset ini.

Macquarie sendiri menilai GOTO saat ini berada pada posisi yang tepat untuk mendapatkan keuntungan dari digitalisasi yang berkelanjutan. ”Kami menyukai fokus utama GOTO di pasar digital Indonesia yang besar dan model bisnis terintegrasinya. Ini adalah satu-satunya penyedia layanan On-Demand Services (ODS), e-Commerce, dan Fintech (Teknologi Keuangan) yang terintegrasi di Indonesia.”

Rating Outperform ini mungkin segera berubah menjadi lebih positif ketika GOTO terus membuktikan kesanggupannya melipatgandakan pendapatan, mampu mengeksekusi pertumbuhan, dan melakukan efisiensi biaya.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1143 seconds (10.101#12.26)