Digitalisasi Percepat UMKM Naik Kelas dan Perluas Pasar

Selasa, 27 September 2022 - 19:19 WIB
loading...
Digitalisasi Percepat UMKM Naik Kelas dan Perluas Pasar
Ilustrasi UMKM. Foto/Dok SINDOnews/Faisal Rahman
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus menggencarkan literasi dan inklusi keuangan, termasuk di sektor keuangan syariah. Program ini juga menyasar kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) sebagai tulang punggung perekonomian nasional.

Berdasarkan hasil survei Otoritas Jasa Keuangan (OJK) pada tahun 2019, tingkat inklusi keuangan syariah di Indonesia mencapai 9% dan tingkat literasi keuangan syariah mencapai 8,93%.

Capaian tersebut belum optimal mengingat Indonesia merupakan negara dengan jumlah penduduk muslim terbesar di dunia.

Oleh karena itu, Indonesia memiliki potensi yang besar dalam meningkatkan inklusi dan literasi keuangan syariah. Namun, tentunya pemerintah memerlukan dukungan dari para pemangku kepentingan untuk menyukseskan program ini.

Dukungan datang salah satunya dari PT Jaminan Pembiayaan Askrindo Syariah atau Askrindo Syariah. Kali ini, Askrindo Syariah menggelar literasi di kota Medan, Sumatera Utara, Senin (26/9), dengan mengangkat tema Inklusi Penjaminan Syariah pada sektor UMKM di Era Digital.

Kegiatan tersebut diikuti peserta dari lembaga keuangan bank dan non-bank syariah, serta koperasi syariah di kota Medan.

Digitalisasi Percepat UMKM Naik Kelas dan Perluas Pasar


Plt Direktur Utama Askrindo Syariah Subagio Istiarno mengatakan, Askrindo Syariah secara aktif menggelar literasi khususnya di bidang penjaminan syariah. Sebelum di Medan, kegiatan serupa telah diselenggarakan di beberapa kota yaitu Aceh, Pekanbaru dan Mataram.

Subagio berharap literasi ini dapat membantu serta mendorong para UMKM agar naik kelas serta menyongsong digitalisasi bisnis.

"Di era 4.0 saat ini kami mengharapkan serta membantu para UMKM agar mampu beradaptasi dengan kondisi pasar di mana lebih dari 50% itu menggunakan teknologi agar para UMKM lebih siap lagi dalam menghadapinya," ujarnya melalui siaran pers, dikutip Selasa (27/9/2022).
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1412 seconds (11.252#12.26)