Sedih! Pelaku Usaha Indonesia Lebih Suka Jualan Produk Asing Dibanding Produksi Sendiri

Rabu, 28 September 2022 - 14:55 WIB
loading...
Sedih! Pelaku Usaha Indonesia Lebih Suka Jualan Produk Asing Dibanding Produksi Sendiri
Pelaku usaha Indonesia lebih memilih menjual produk asing dibanding produksi sendiri. Foto/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Deputi Bidang Usaha Mikro Kementerian Koperasi dan UKM Yulius mengungkapkan, di tengah pesatnya digitalisasi, pelaku usaha Tanah Air masih menjadi penjual (seller) bukan produsen. Padahal, potensi untuk menjadi produsen itu sangat besar.

Baca juga: Menkop Teten Dorong UMKM Kembangkan Produk Berbasis Budaya Daerah

"Kita berterima kasih dengan adanya platform digital. Pelaku usaha jadi tidak susah menjual dagangannya. Tapi yang menjadi tantangan, pelaku usaha kita ini masih menjadi seller, bukan produsen," ujar Yulius dalam program Market Review IDX Channel, Rabu (28/9/2022).

Yulius melanjutkan, kebanyakan produk yang dijual di platfrom digital adalah produk-produk buatan luar negeri, bukan buatan lokal. Ini yang menyedihkan. Selain itu, barang yang dijual pun masih didominasi produk-produk ritel, bukan barang yang bersifat produktif.

"Sebagian besar yang onboarding ke platform digital itu masih produk-produk dari luar negeri. Dan itu masih bersifat barang-barang ritel, bukan barang-barang yang bersifat produktif seperti bahan pertanian. Istilahnya, kita masih penjual bukan pembuat," tukasnya.

Baca juga: Ribuan Bobotoh Geruduk Kantor Manajemen Persib Protes Sistem Tiketing

KemenkopUKM mengajak para pelaku usaha untuk memiliki semangat berwirausaha, mengembangkan potensi yang dimiliki dan mengeluarkan ide-ide untuk menghasilkan sesuatu agar menjadi produsen, bukan seller.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1099 seconds (10.55#12.26)