Masih Ragu Memulai Usaha? Gabung di Komunitas Belajar Bisnis dan Simak Tipsnya

Jum'at, 30 September 2022 - 13:03 WIB
loading...
Masih Ragu Memulai Usaha? Gabung di Komunitas Belajar Bisnis dan Simak Tipsnya
Anggota Komunitas Belajar Bisnis by Evermos mengikuti kelas belajar bisnis. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Banyak orang ingin memulai suatu usaha tapi tak kunjung direalisasikan karena berbagai alasan dan kekhawatiran yang mungkin saja tak berdasar.

Untuk itu, tak ada ruginya bergabung dengan komunitas belajar bisnis guna mendapatkan pengetahuan, relasi dan segudang manfaat lainnya.

Salah satu komunitas bisnis terbesar saat ini adalah Komunitas Belajar Bisnis by Evermos. Didirikan pada 2019, anggotanya terus bertambah hingga kini sudah lebih dari 148.000 orang.

Beberapa di antaranya sukses membangun usaha dan memiliki omzet hingga Rp100 juta per bulan melalui Evermos, sebuah platform sekaligus ekosistem yang menjembatani reseller dengan brand lokal untuk jualan online produk-produk terbaik asli Indonesia.

Co-Founder dan CEO Evermos Ghufron Mustaqim mengatakan, Evermos didirikan untuk membantu UMKM dan brand lokal lebih berdaya saing.

“Salah satu tantangan terbesarnya adalah ekosistem kewirausahaan kita di Indonesia yang masih belum optimal. Maka dari itu, Evermos tidak hanya membangun platform, namun juga membangun komunitas bisnis sebagai tempat bagi siapapun yang ingin berwirausaha untuk sama-sama belajar, berbagi inspirasi, dan berkolaborasi,” ujarnya, dikutip Jumat (30/9/2022).

Baca juga: Resmikan BUMN Startup Day 2022, Jokowi Ungkap Penyebab Bisnis Rintisan Gagal Berkembang

Merujuk laporan Global Entrepreneurship Index (GEI) 2018 yang dirilis oleh The Global Entrepreneurship Development Institute (GEDI), ekosistem kewirausahaan Indonesia menempati peringkat ke-94 dari 137 negara.

Hal ini menandakan bahwa masyarakat, terutama para pengusaha pemula, masih memiliki keterbatasan akses informasi serta wawasan terkait bisnis.

Melihat krusialnya dampak keterbatasan akses informasi dan wawasan bisnis ini, berbagai pihak berusaha untuk menyediakan solusi.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1770 seconds (11.97#12.26)