Maknyus! Singkong Indonesia Diminati Pasar Manca-Negara

Selasa, 04 Oktober 2022 - 23:44 WIB
loading...
Maknyus! Singkong Indonesia Diminati Pasar Manca-Negara
Singkong Indonesia digemari sejumlah negara di dunia. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Singkong ternyata tak hanya digemari masyarakat lokal, tapi juga mancanegara. Lewat, CV Nusantara Jaya Food, Indonesia melakukan ekspor perdana 27 ton singkong beku ke Curacao, sebuah negara yang ada di kawasan Laut Karibia.

Baca juga: Dukung Pangan Lokal, Kementan: Kalau Tak Mau Kena Stroke, Makan Singkong!

Selain Curacao, produk singkong beku hasil produksi CV Nusantara Jaya Food juga telah masuk ke pasar Belanda. Ekspor singkong akan terus diperluas ke negara lain seiring dengan keinginan perusahaan untuk mengembangkan produk-produk frozen fruit dan fresh vegetables lainnya untuk memenuhi permintaan pasar luar negeri.

Tak cuma devisa yang dihasilkan, perusahaan ini juga meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan membuka lapangan pekerjaan serta memberikan pendampingan dan pembinaan bagi para petani di wilayah Jawa Timur dan sekitarnya.

Novitha Herawati, pemilik CV Nusantara Jaya Food, menyampaikan apresiasi kepada kementerian dan lembaga terkait, khususnya Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI) atau Indonesia Eximbank yang telah mendukung UKM seperti CV Nusantara Jaya Food untuk ekspor ke luar negeri.

Maknyus! Singkong Indonesia Diminati Pasar Manca-Negara

Ekspor perdana singkong beku ke Curacao

“Terima kasih atas dukungan melalui kolaborasi pendampingan yang diberikan Kementerian Perindustrian serta akses pembiayaan melalui Program Penugasan Khusus Ekspor (PKE) UKM LPEI yang berhasil membantu kami untuk memperluas pasar ke Curacao,” ujar Novitha dalam keterangannya, Selasa (4/10/2022).

Ekspor perdana singkong yang digelar di Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat dua pekan lewat (23/10/2022) itu dihadiri oleh Direktur Jenderal Industri Kecil Menengah dan Aneka (IKMA) Kementerian Perindustrian, Reni Yunita, perwakilan Dinas Perdagangan dan Perindustrian Jawa Timur dan perwakilan LPEI.

Kehadiran LPEI pada acara tersebut merupakan bentuk dukungan konkret sekaligus menjadi suatu kebanggaan karena telah berhasil melahirkan UKM lokal yang mendunia melalui program PKE UKM.

“Sejalan dengan penugasan yang diberikan pemerintah melalui LPEI sebagai special mission vehicle Kementerian Keuangan, kami mendukung penuh para pelaku UKM berorientasi ekspor melalui PKE UKM yang dapat dimanfaatkan para pelaku UMKM sebagai modal kerja untuk meningkatkan kapasitas produksinya sehingga dapat memenuhi permintaan pasar global,” ujar Riyani Tirtoso, Direktur Eksekutif LPEI.

Baca juga: Tahanan Tewas Gantung Diri di Sel, Propam Polda Sumut Periksa Penyidik Polsek Pancurbatu

Riyani menambahkan kolaborasi antara Kementerian Perindustrian dan LPEI melalui pendampingan dan program PKE ini semakin memperkuat daya ungkit para pelaku UKM sehingga mampu bersaing di pasar global seperti yang ditunjukkan oleh CV Nusantara Jaya Food melalui kegiatan ekspor perdana.

(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1500 seconds (11.252#12.26)