4 Produk Ukraina Ini Tidak Bisa Diekspor Gara-Gara Perang dengan Rusia

Kamis, 06 Oktober 2022 - 14:00 WIB
loading...
4 Produk Ukraina Ini Tidak Bisa Diekspor Gara-Gara Perang dengan Rusia
Sejumlah produk pangan dari Ukraina kini tak lagi bisa diekspor ke pasar global akibat invasi Rusia. Foto/Ilustrasi/Reuters
A A A
JAKARTA - Berlarut-larutnya perang Ukraina-Rusiasemakin terasa dampaknya bagi komunitas global. Salah satunya, kegiatan ekspor produk makanan dari Ukraina terhambat, karena selain diprioritaskan untuk memenuhi kebutuhan dalam negerinya, distribusi pun terputus akibat blokade jalur laut dan darat.

Menteri Agraria dan Kebijakan Pangan Ukraina Roman Leshchenko dalam beberapa kesempatan menerangkan, larangan ekspor diperlukan guna mencegah krisis kemanusiaan di wilayah ukraina. Pemerintah Ukraina perlu menstabilkan pasar dengan memenuhi kebutuhan penduduknya di saat produk makanan kritis.



Di sisi lain, sebelum perang Ukraina merupakan salah satu negara pemasok produk-produk pangan bagi Eropa, Afrika hingga Asia. Namun kini produksi pangan Ukraina, terutama gandum dan serealia lainnya, tak lagi bisa memenuni kebutuhan makanan bagi wilayah-wilayah yang biasa dipasoknya.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut sejumlah produk pangan yang kini tak bisa lagi diekspor secara leluasa oleh Ukraina:

1. Gandum
Sebelum perang, Ukraina menjadi salah satu negara pemasok gandum utama secara internasional. Hal ini dikarenakan hampir setiap tahun jutaan ton gandumUkraina diekspor ke wilayah Afrika dan Timur Tengah. Namun, setelah invasi Rusia ke Ukraina, kegiatan ekspor bahan pangan ini tidak bisa lagi dilakukan karena angkatan laut Rusia memblokade pelabuhan di wilayah Laut Hitam Ukraina. Menurut laporan yang diberikan oleh New York Times, Amerika Serikat menuduh bahwa Rusia sedang mencoba untuk menjual gandum yang dirampas dariUkraina untuk dijual ke sejumlah negara.

2. Sapi dan Daging Sapi
Sesuai dengan amandemen negara Ukraina terhadap resolusi pemerintah No. 1424 mengenai Daftar Barang Ekspor dan Impor yang dilisensikan, juga diberlakukannya kuota nol untuk ekspor sapi hidup dan daging sapi beku. tak hanya daging sapi, hal ini juga termasuk ke semua produk olahan yang berasal dari daging sapi. Bahkan Perdana Menteri Ukraina Denys Shmyhal juga mengatakan bahwa pemerintah telah memutuskan untuk membatasi kegiatan ekspor di sejumlah barang penting secara sosial dan bahan baku.



3. Oat
Tak hanya gandum, bahan pangan lain yang juga dilarang dalam kegiatan ekspornya di Ukraina adalah oat. Biasanya, bahan pangan ini akan dibuat menjadi bahan makanan olahan. Larangan ekspor ini menyebabkan hampir sepertiga jumlah oat dunia berkurang, sehingga mengurangi pasokan pangan global seperti yang pernah terjadi di tahun 2011.

4, Gula
Selain bahan-bahan makanan di atas, produk pangan lainnya yang tak lagi diekspor Ukraina adalah gula.Rusia dan Ukraina bersama-sama memasok hampir dari sepertiga dari kebutuhan dunia. Akibatnya, harga bahan pangan ini juga melonjak naik semenjak adanya invasi.

MG/Khansa Novriandra
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.4971 seconds (0.1#10.140)