Pemerintah Siapkan Cadangan Fiskal

Senin, 29 September 2014 - 23:25 WIB
Pemerintah Siapkan Cadangan Fiskal
Pemerintah Siapkan Cadangan Fiskal
A A A
JAKARTA - Pemerintah telah menyiapkan cadangan fiskal guna mengantisipasi kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) jika diberlakukan pemerintah baru akhir tahun ini.

Antisipasi tersebut dengan menyiapkan anggaran dari cadangan fiskal dalam APBN-P 2014 dan APBN 2015 masing-masing senilai Rp5 triliun.

Menteri Keuangan (Menkeu) Chatib Basri mengatakan, jika terjadi kenaikan BBM di awal tahun masih bisa diantisipasi melalui ketersediaan Bantuan Langsung Sementara Masyarakat (BLSM).

"Jadi kalau ada kenaikan BBM, pemerintah baru masuk, mereka sudah punya BLSM tahun ini Rp5 triliun dan tahun depan Rp5 triliun," ujar Menkeu, Senin (29/9/2014).

"Jadi, misalnya kalau pemerintah baru mau menaikkan harga BBM di bulan Oktober misalnya, bisa sebab uangnya ada," lanjutnya.

Menurut Chatib, pemerintahan ke depan juga tidak perlu khawatir jika merencanakan opsi kenaikan BBM melalui persetujuan DPR. Sebab, anggaran sudah ada melalui BLSM.

Di sisi lain, pemerintahan baru juga tidak akan repot menaikkan harga BBM dalam rangka memenuhi target subsidi BBM di angka 46 juta kilo liter.

Dia mengungkapkan, pemerintahan ke depan bisa mengutakatik harga demi memenuhi patokan BBM di APBN 2015 sebanyak 46 juta kilo liter.

"Jadi semuanya sudah fleksibel. Sebab, yang dikunci itu ada pada volume dan bukan di harga. Kalau harga, bisa terjadi perubahan kapan saja, terutama bergantung pada kondisi eksternal," jelasnya.

Chatib menambahkan, kenaikan BBM bersubsidi akan sangat membantu dari sisi postur APBN 2015 yang diperkirakan mampu menurunkan defisit anggaran.

"Tidak ada masalah pemerintah berikutnya menaikkan harga BBM. Defisit akan lebih kecil, bukan tidak mungkin di bawah 2% PDB, dari 2,21% dalam APBN 2015. Rupiah juga bisa lebih kuat dari asumsi Rp11.900 per dolar AS," tandasnya.
(dmd)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.4897 seconds (0.1#10.140)