Pertamina EP Berdayakan Masyarakat Subang dan Karawang lewat Program Pesona dan Jejak Setapak

Sabtu, 08 Oktober 2022 - 19:53 WIB
loading...
Pertamina EP Berdayakan Masyarakat Subang dan Karawang lewat Program Pesona dan Jejak Setapak
Pendamping petani H Sartim (kiri), Ketua Koperasi Sari Pati Tani H Sarkim (tengah) dan Sekretaris Koperasi Hendra Wijaya. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina EP Zona 7 Subang Field menegaskan komitmennya dalam melaksanakan tanggung jawab sosial dan lingkungan lewat upaya pemberdayaan para petani dan usaha kecil melalui dua program unggulan di Kabupaten Subang dan Karawang. Program tersebut adalah Pemanfaatan Serat Daun Nanas di Kabupaten Subang (Pesona Subang) dan Jerih Kerja Karawang Semangat Petani Sehat Ketahanan Pangan Meningkat (Jejak Setapak) di Karawang.

Senior Manager PEP Subang Field Ndirga Andri Sisworo mengatakan, program Pesona Subang dan Jejak Setapak dirancang perusahaan untuk menjaga kondisi pertanian masyarakat agar tetap lestari. Hal ini sejalan dengan komitmen perusahaan untuk menjalankan bisnis migas berkelanjutan yang berlandaskan prinsip Environmental, Social and Governance (ESG), dengan tetap menjaga kelestarian lingkungan di sekitar wilayah daerah operasi perusahaan.



"Program Pesona Subang dan Jejak Setapak selaras dengan alam. Dengan Jejak Setapak kami berupaya memperbaiki struktur kesehatan tanah sawah melalui pertanian organik. Adapun melalui Pesona Subang kami berharap ada perubahan dan peningkatan dari pemahaman, kesadaran akan pemanfaatan limbah daun nanas, keterampilan mengolah dan pemanfaatannya," papar Ndirga dalam keterangannya, Sabtu(8/10/2022).

Dia menjelaskan, program Pesona Subang dirilis pada Oktober 2021. Dalam program ini perusahaan menggandeng mitra binaan di Desa Cikadu, Kecamatan Cijambe, Kabupaten Subang. Pengembangan program Pesona dilatar belakangi oleh Subang sebagai daerah penghasil nanas terbesar di Jawa Barat. Ternyata di balik keuntungan besar dari penjualan buah nanas, terdapat masalah limbah yang masif dalam pertanian nanas. Limbah daun nanas menjadi masalah lingkungan yang belum mendapatkan solusi yang efektif hingga saat ini.

"Kami bersama mitra binaan di sana memanfaatkan limbah daun nanas sebagai bahan serat alam berkualitas. Serat daun nanas sangat baik sebagai bahan tekstil ramah lingkungan, bisa jadi komposit pengganti fiberglas, serta sebagai bahan baku kertas," paparnya.

Pada tahun pertama, lanjut Ndirga, PEP Subang Field bersama mitra binaan melakukan optimalisasi produksi. PEP Subang Field pun memberikan bantuan mesin dekortikator untuk produksi pengolahan daun nanas menjadi serat dan beberapa alat tenun. PEP juga memberikan pelatihan pengolahan dan pembentukan kelompok selain pembentukan koperasi bank daun nanas.

Sesuai dengan peta jalan program Pesona Subang, tahun ini memasuki fase peningkatan kapasitas masyarakat. PEP Subang Field membuat program pelatihan kerajinan serat daun nanas dan pelatihan pewarna alami. Selain itu, ada juga pelatihan kreasi lukis dan pelatihan pengolahan kompos rendeman daun nanas. Pada 2023, PEP Subang Field memproyeksikan program peningkatan pemasaran hasil diversifikasi produk Pesona Subang antara lain lewat pembentukan pusat pemasaran produk, pameran produk dan perluasan kerja sama.

Mitra binaan program Pesona Subang Alan Sahroni berterima kasih atas dukungan PEP Subang Field untuk pemberdayaan masyarakat di daerahnya. Program ini, tegas dia, memberikan tambahan pendapatan bagi masyarakat dan juga tambahan peningkatan pengolah serat. "Di sini ada pemuda yang mengolah daun nanas menjadi serat dan ibu-ibu yang terlibat dalam penyisiran serat nanas serta melakukan pemintalan dan penenunan serat," ujarnya.

Sementara itu, program Jejak Setapak PEP Subang Field dikembangkan di Kelurahan Plawad, Kecamatan Karawang Timur, Kabupaten Karawang. PEP Subang Field telah mengembangkan program ini sejak 2019 lewat pembentukan kelompok. Pengelolaan program Jejak Setapak yang sebelumnya dilakukan secara terpisah oleh mitra binaan di sektor pertanian dan akuaponik, kini sudah terintegrasi melalui Koperasi Paguyuban Saripati Tani.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1825 seconds (0.1#10.140)