alexametrics

Gelar TEI ke-29

Kemendag Pamerkan Produk Indonesia ke Mancanegara

loading...
Kemendag Pamerkan Produk Indonesia ke Mancanegara
Kemendag pamerkan produk Indonesia ke mancanegara. Foto: Ilustrasi/Istimewa
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Perdagangan (Kemendag) kembali menyelenggarakan pameran perdagangan terbesar di Indonesia, Trade Expo Indonesia (TEI) bertajuk Towards Green Business.

Pameran yang diselenggarakan ke-29 kali ini untuk mempromosikan serta meningkatkan eksistensi produk dan jasa Indonesia. Sehingga apat dikenal luas di luar negeri.

"Program tahunan ini diselenggarakan untuk mempromosikan dan meningkatkan eksistensi produk dan jasa Indonesia sehingga dapat dikenal luas di luar negeri," ujar Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional (PEN) Kemendag Nus Nuzulia Ishak, Jakarta, Rabu (8/10/2014).



Nus menuturkan, ini diselenggarakan sebagai wujud keseriusan pemerintah Indonesia atas inisiatif dan kerja keras mendorong ekspor non migas Indonesia.

Selain itu, juga dalam rangka persiapan Indonesia menuju perdagangan bebas ASEAN dengan diselenggarakannya ASEAN Economic Community (AEC) pada 2015.

"Bisa memamerkan produknya serta dalam menyongsong perdagangan bebas ASEAN. Jumlah buyer 14.220 terdiri dari 102 negara," sebut dia.

Pameran ini, lanjut dia, terselenggara atas kerja sama Kemendag dan sejumlah Kementerian lainnya seperti Kementerian Luar Negeri, Kementerian Perindustrian, Kementerian Pertanian, Kementerian BUMN, Kemenkop UKM, Kementerian Kelautan dan Perikanan, dan BKPM.

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya juga memberikan penghargaan kepada eksportir berprestasi yang meningkatkan nilai ekspornya secara berkesinambungan.

"Penghargaan Primaniyarta untuk 15 eksportir yang sudah berlangsung beberapa kali, kepada eksportir berprestasi yang meningkatkan ekspor secara berkesinambungan," terangnya.

Penghargaan, lanjut Nus, juga diberikan kepada para buyers luar negeri yang secara konsisten memberi produk Indonesia selama tiga tahun.

"Ini inisiasi baru Kemendag sebagai upaya meningkatkan capaian ekspor dunia ke pasar dunia, karena peningkatan ekspor adalah andil para buyer atau eksportir," jelas Nus.

Pada kesempatan ini, Kemendag juga sekaligus melepas secara simbolis atas produk ekspor andalan melalui Tanjung Priok yang diwakili PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia.

"Ekspor andalan yang diwakilkan oleh PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia ini adalah kendaraan roda empat yang akan diekspor ke Timur Tengah seperti Bahrain, Qatar, dan Iran," tandasnya.
(izz)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak