Didukung Google Cloud, BNI Life Kembangkan AI dan Data Analytics

Rabu, 19 Oktober 2022 - 18:30 WIB
loading...
Didukung Google Cloud, BNI Life Kembangkan AI dan Data Analytics
BNI Life terus berinovasi mengembangkan AI dan daya analytics. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - PT BNI Life Insurance (BNI Life) terus berinovasi mengembangkan artificial intelligence (AI) dan data analytics yang didukung oleh Google Cloud bersama mitranya, PT Multipolar Technology Tbk (Multipolar Technology), dan salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Indonesia.

Direktur Utama BNI Life Shadiq Akasya mengatakan kerja sama tersebut merupakan wujud inovasi yang dilakukan perusahaan dalam rencana pengembangan digitalisasi perusahaan. Penerapan teknologi ini untuk perbaikan proses bisnis di area operasional, terlebih di bagian underwriting, klaim, dan penjualan.

Selain itu juga untuk membangun kapabilitas dan pengetahuan pegawai di bidang AI dan machine learning. Shadiq menjelaskan pengembangan AI dan data analytics mempunyai manfaat yang mencakup seleksi risiko calon nasabah, data profiling nasabah, mencegah terjadinya fraud dan risk monitoring, serta meningkatkan efisiensi dalam proses bisnis perusahaan.

"Kami yakin dengan penerapan teknologi ini, BNI Life akan semakin siap untuk menghadapi perubahan industri asuransi jiwa yang begitu cepat, beragam, dan memiliki berbagai macam tantangan baru, sekaligus membantu perusahaan dalam mewujudkan inovasi layanan digital yang berkelanjutan," tutur Shadiq, di Jakarta, Rabu (19/10/2022).



Sementara, Country Director Indonesia Google Cloud Megawaty Khie mengatakan empat dari lima institusi keuangan di kawasan Asia-Pasifik telah merencanakan peningkatan penggunaan teknologi cloud selama tiga tahun ke depan.

"Mereka percaya cloud mampu menyimpan dan mengatur petabyte data dengan cara paling cepat dan hemat biaya, serta memfasilitasi penerapan data analytics dan alat bantu AI untuk menghadirkan pengalaman yang personal kepada generasi baru pengguna digital-first," jelasnya.

Direktur Account Management FSI dan Commercial Multipolar Technology Herryyanto mengatakan, industri asuransi di Tanah Air sedang bertransformasi menuju layanan modern, lengkap, dan relevan, khususnya terhadap kebutuhan generasi milenial di era digital saat ini.



Teknologi advanced analytics dari Google Cloud bisa diterapkan di setiap lini dan proses bisnis secara end to end, dalam upaya tercapainya operational excellence dan customer experience terbaik.

"Kami sangat mengapresiasi inisiatif BNI Life mempercayakan teknologi Google Cloud untuk menghadirkan terobosan dan nilai tambah pada layanan serta memberikan kemudahan bagi pengguna dan pelanggan. Kami siap mendukung kolaborasi tersebut dengan menghadirkan best practice terbaik juga dukungan tim ahli kami yang berpengalaman serta kompeten di bidangnya," tutup Herryyanto.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.9172 seconds (0.1#10.140)