Pemerintah Dorong Penguatan Kerja Sama Bilateral RI-AS di Berbagai Bidang

Kamis, 20 Oktober 2022 - 08:33 WIB
loading...
Pemerintah Dorong Penguatan Kerja Sama Bilateral RI-AS di Berbagai Bidang
Menko bidang Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) melaksanakan pertemuan dengan Dubes AS untuk Indonesia Sung Yong Kim di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Rabu (19/10). Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Pemerintah terus memperkuat kerja sama bilateral dengan Amerika Serikat (AS) sebagai salah satu mitra utama Indonesia, termasuk di sektor perdagangan (ekspor dan impor).

Sehubungan dengan itu, Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian Airlangga Hartarto melaksanakan pertemuan dengan Duta Besar (Dubes) AS untuk Indonesia Sung Yong Kim di kantor Kemenko Perekonomian Jakarta, Rabu (19/10).

Pertemuan berlangsung sangat konstruktif dengan membahas sejumlah topik untuk meningkatkan kerja sama ekonomi dan meningkatkan investasi kedua negara.



Tercatat volume perdagangan kedua negara saat ini mencapai USD27,5 miliar, meningkat 20,1% dibandingkan periode sama tahun 2021. Kedua negara menargetkan peningkatan perdagangan sebanyak USD60 miliar dalam beberapa tahun ke depan.

Pada kesempatan tersebut, Menko Airlangga juga menyoroti inisiasi AS terkait Partnership for Global Infrastructure and Investment (PGII).

PGII diluncurkan pada 22 Juni 2021 di KTT G7 Inggris. AS rencananya akan mengalokasikan pendanaan sebesar USD600 miliar bagi PGII.

“Indonesia mengharapkan dapat berpartisipasi dalam inisiasi PGII untuk proyek-proyek strategis,” kata Airlangga, dikutip Kamis (20/10/2022).



Sementara itu, Dubes Kim menyampaikan apresiasi atas penanganan pandemi dan pemulihan ekonomi di Indonesia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2079 seconds (0.1#10.140)