Tingkatkan Penetrasi Asuransi di Kalangan Milenial, Askrindo Gelar Program Literasi

Kamis, 20 Oktober 2022 - 08:18 WIB
loading...
Tingkatkan Penetrasi Asuransi di Kalangan Milenial, Askrindo Gelar Program Literasi
Asuransi merupakan salah satu pondasi utama sebuah keuangan yang sehat. Ilustrasi foto/pexels/monstera
A A A
JAKARTA - Industri asuransi di Tanah Air masih dihadapkan pada rendahnya penetrasi asuransi di kalangan masyarakat. Hal ini tentunya bisa dipandang sebagai tantangan sekaligus peluang.

Data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) menyebutkan, penetrasi asuransi terhadap produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia baru sekitar 3,18% pada tahun 2021.

Lebih rinci, penetrasi asuransi jiwa sebesar 1,19%, asuransi umum 0,47%, asuransi sosial 1,45%, dan asuransi wajib 0,08% dengan angka desitas asuransi sebesar Rp1,82 juta.

Data lain yang bersumber dari Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) tahun 2019 menunjukkan, indeks literasi keuangan baru sebesar 38,03% dengan tingkat literasi asuransi baru mencapai 19,4%. Pada saat yang sama, indeks inklusi keuangan Indonesia mencapai 76,19%.



PT Asuransi Kredit Indonesia atau Askrindo memandang asuransi merupakan bagian dari investasi jangka panjang yang sudah seharusnya diminati oleh berbagai kalangan.

Untuk itu, perseroan berupaya meningkatkan pemahaman asuransi sejak dini, khususnya di kalangan milenial dan generasi Z atau Gen Z.

Berkenaan Bulan Inklusi Keuangan dan sesuai arahan OJK, Askrindo mengadakan kegiatan Literasi Asuransi atau pengenalan asuransi bagi mahasiswa STIMRA.

Tingkatkan Penetrasi Asuransi di Kalangan Milenial, Askrindo Gelar Program Literasi


Head of Corcomm PT Askrindo Luluk Lukmiyati mengatakan, saat ini penduduk Indonesia didominasi usia 15-40 tahun yang mana merupakan kalangan milenial dan Gen Z.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1063 seconds (0.1#10.140)