Melupakan Bahan Bakar Fosil Menuju Energi Bersih, Gas Diyakini Jadi Andalan

Kamis, 27 Oktober 2022 - 10:20 WIB
loading...
Melupakan Bahan Bakar Fosil Menuju Energi Bersih, Gas Diyakini Jadi Andalan
Konsumsi minyak naik sampai 1,5 barel, sementara produksi jauh di bawah itu, alternatif utama adalah gas sebagai transisi energi. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemanfaatan gas sebagai sumber energi di masa depan terus didorong sebagai upaya menangani kebutuhan energi yang terus meningkat. Seperti diketahui konsumsi minyak terus meningkat, sementara produks i masih jauh dari kebutuhan.

“Konsumsi minyak naik sampai 1,5 barel, sementara produksi jauh di bawah itu, alternatif utama adalah gas sebagai transisi energi ,” kata Direktur Pembinaan Program Migas Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Mustafid Gunawan dalam forum diskusi kebijakan implementasi Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) di Jakarta, Rabu (26/10/2022).



Untuk itu, pemerintah mengupayakan agar terciptanya permintaan gas yang baik untuk pasar domestik maupun ekspor, hal ini bertujuan agar gas yang diproduksi pada 2030 dapat terserap dengan baik.Selain itu pihaknya akan memaksimalkan pemanfaatan gas dalam negeri dengan mengembangkan infrastruktur gas bumi melalui pembangunan pipa gas.

“Kita sebut rencana induk infrastruktur gas bumi ini sebagai pedoman bagi kita semua bahwa gas akan disalurkan ke mana tergantung rencana induk,” ujarnya.

Lebih lanjut, pada masa transisi energi fosil menuju energi bersih, gas diprediksi bakal menjadi andalan. “Karena dari sisi cadangan juga besar,” jelasnya.



Pihaknya juga menyebut penggunaan gas dalam negeri pada 2021 mencapai 64,32% dari total produksi gas nasional dengan penyaluran gas sebesar 5.743 miliar british thermal unit per hari (BBTUD).

Dengan demikian, pemerintah menjamin ketersediaan gas untuk kebutuhan domestik melalui eksplorasi penemuan cadangan baru, produksi satu juta barel, pengembangan infrastruktur secara berkelanjutan, serta melakukan penataan permintaan yang dekat dengan potensi pasokan gas bumi dengan prinsip people follow energy agar tercipta efisiensi.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2168 seconds (0.1#10.140)