Deretan Jenis Beras yang Dapat Menghasilkan Nasi Pulen

Kamis, 27 Oktober 2022 - 12:53 WIB
loading...
Deretan Jenis Beras yang Dapat Menghasilkan Nasi Pulen
Kebanyakan orang Indonesia lebih suka mengonsumsi nasi pulen. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan jenis beras sebelum membelinya untuk mendapatkan nasi yang pulen. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Jenis beras yang beredar di pasaran tentunya macam-macam. Namun, kebanyakan orang Indonesia lebih suka mengonsumsi nasi pulen. Oleh karena itu, Anda harus memerhatikan jenis beras sebelum membelinya untuk mendapatkan nasi yang pulen.

Baca Juga: Bunda, Tahu Nggak Apa yang Membuat Nasi Pulen? Ini Jawabannya!

Berikut deretan jenis beras yang dapat menghasilkan nasi pulen:

1. Beras Premium

Dalam Permendag 57/2017 disebutkan bahwa beras premium adalah jenis beras dengan spesifikasi derajat sosoh minimal 95%, kadar air maksimal 14% dan butir patah maksimal 15%. Dikutip dari pertanian.go.id, menurut SNI 6128:2015 menyederhanakan kelas mutu yaitu untuk mutu 1 merupakan beras premium. Secara fisik, beras premium memiliki tampilan warna luar yang cenderung lebih terang dan lebih cerah.

2. Beras Pandan Wangi

Dikutip dari ews.kemendag.go.id, beras pandan wangi merupakan beras putih yang memiliki aroma wangi pandan yang sangat khas. Beras ini memiliki bentuk cenderung bulat dengan agak kekuningan dan cenderung bening.

3. Beras Rojolele

Beras Rojolele merupakan sebutan nama di daerah Jawa Tengah dan Jawa Timur. Berbeda dari keduanya, di daerah Jawa Barat beras ini lebih dikenal dengan sebutan beras Muncul. Karakteristik dan bentuk dari beras Rojolele cenderung bulat, tidak beraroma, serta memiliki warna putih susu pada sedikit bagian bulirnya.

Baca Juga: Beras Keluarga Bijak, Pilihan Berkualitas Super Premium
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1646 seconds (10.101#12.26)