Kereta Cepat Bakal Tembus Surabaya, Waktu Tempuh Cuma 4 Jam

Kamis, 27 Oktober 2022 - 23:06 WIB
loading...
Kereta Cepat Bakal Tembus Surabaya, Waktu Tempuh Cuma 4 Jam
Pemerintah berencana melanjutkan proyek kereta cepat tidak hanya sampai Bandung tapi hingga Surabaya. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Pemerintah berencana melanjutkan pembangunan kereta cepat tidak hanya Bandung tapi berlanjut hingga Surabaya. Kereta Cepat Jakarta-Surabaya (KCJS) merupakan proyek jangka panjang dalam layanan transportasi di Indonesia.

"Kereta cepat merupakan proyek jangka panjang. Akan ada Kereta Cepat Jakarta-Surabaya," kata Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi dalam acara Sustainable Smart Transportation, di Jakarta, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Banyak Buatan China, Ini Kereta yang Kecepatannya Melebihi Kereta Cepat Jakarta Bandung

Menurut dia nantinya waktu tempuh dari Jakarta ke Surabaya hanya 4 jam namun akan diupayakan agar waktu perjalanannya lebih cepat. Proyek KCJS merupakan kelanjutan dari proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) yang hampir rampung.

Dia menjelaskan, rute yang akan dilalui KCJS akan dimulai dari Jakarta, Bandung, Kertakati, Purwokerto, Joglo, Solo, Madiun hingga Surabaya. Terkait kecepatan mencapai 350 kilometer per jam.

Baca Juga: Jokowi Tinjau Proyek Kereta Cepat Jelang Kedatangan Xi Jinping

Mengenai proyek Kereta Cepat Jakarta-Bandung, Budi mengungkapkan akan difinalkan pada Juni 2023 mendatang. "Jadi ini menjadi satu hal yang konkrit dari kita dalam menciptakan transportasi yang handal," tutup Budi Karya.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1926 seconds (11.210#12.26)