Manfaatkan Media Digital untuk Pengembangan Diri dan Karir Masa Depan

Kamis, 27 Oktober 2022 - 19:59 WIB
loading...
Manfaatkan Media Digital untuk Pengembangan Diri dan Karir Masa Depan
Tingginya pemanfaatan gawai untuk mengakses internet harus dimanfaatkan sebaik mungkin. Foto/pexels/roberto nickson
A A A
JAKARTA - Kemajuan akses internet dan fasilitas teknologi digital yang memadai menghadirkan sejumlah peluang baru di dunia kerja. Namun di balik itu, patut diwaspadai ancaman kejahatan siber dan dampak kecanduan digital.

Dalam webinar bertema “Pemanfaatan Gadget secara Positif sebagai Media Pembelajaran” yang diselenggarakan Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) bersama Gerakan Nasional Literasi Digital Siberkreasi di Pontianak, Kalimantan Barat, Rabu (19/10), VP Head of Marketing PT Indosat Tbk Heny Tri Purnaningsih mengatakan, tingginya pemanfaatan gawai untuk mengakses internet harus dimanfaatkan sebaik mungkin.

Menurut dia, generasi sekarang juga dituntut harus inovatif dengan dukungan kecanggihan teknologi digital. “Mereka juga harus bisa berkolaborasi dengan pihak lain karena saat ini sangat sulit untuk berjalan sendiri tanpa dukungan dan kerja sama pihak lain,” ujarnya, dikutip Kamis (27/10/2022).

Heny bilang, fasilitas teknologi juga bisa menjadi pintu untuk mengembangkan wirausaha di kalangan anak muda. “Dan yang tak kalah pentingnya adalah generasi sekarang harus digital minded. Sebab, semua aktivitas sekarang terhubung dengan teknologi digital, di bidang apapun,” tuturnya.



Terkait peluang di dunia digital, lanjut Heny, banyak hal yang bisa digarap generasi muda saat ini. Beberapa profesi kekinian pun bisa dicoba dan ditekuni seperti pembuat konten (content creator), software engineering, social media specialist, hingga data analyst.

Adapun yang terbilang cukup populer saat ini adalah pembuat konten untuk mempromosikan sebuah produk barang atau jasa. Keahlian yang diwajibkan pada pekerjaan ini adalah keahlian menulis, videografi, dan ilustrasi.

“Jadi, manfaatkan media digital untuk pengembangan diri dan karir di masa depan, namun tetap memegang teguh budaya dan etika yang sesuai dengan nilai-nilai Pancasila,” tandasnya.

Senada, Ketua Bidang Kesekretariatan Relawan TIK Kalimantan Barat Rahmad Widyo Utomo menyarankan generasi muda menguasai ketrampilan digital (digital skill).

Dia menjabarkan keterampilan digital sebagai kemampuan memanfaatkan teknologi yang dapat meningkatkan efisiensi serta produktivitas dalam suatu pekerjaan yang berhubungan dengan teknologi dan bisnis. Keterampilan tersebut dibutuhkan di era sekarang agar bisa bersaing di dunia kerja.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1306 seconds (0.1#10.140)