Pengusaha Diimbau Tak Lakukan Pinjaman Terafiliasi

Selasa, 02 Desember 2014 - 13:14 WIB
Pengusaha Diimbau Tak Lakukan Pinjaman Terafiliasi
Pengusaha Diimbau Tak Lakukan Pinjaman Terafiliasi
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan (Menkeu) Bambang Brodjonegoro mengimbau agar para pengusaha tidak melakukan pinjaman dari luar negeri yang terafiliasi.

Dia mengatakan, pengusaha yang melakukan pinjaman terafiliasi tersebut berpotensi menggerus profit yang berujung pada ketidakpatuhan membayar pajak.

"Tapi dari segi pajak yang kami tidak ingin adalah dengan pinjaman terafiliasi. Karena akan menggerus profit dan ujungnya tidak ada pajak yang terbayarkan," katanya di Gedung Bank Indonesia (BI), Jakarta, Selasa (2/12/2014).

Bambang memahami bahwa saat ini tingkat bunga pinjaman domestik masih tinggi, cost of fund pun masih memberatkan perusahaan yang dimiliki pihak luar.

"Sehingga ada dorongan untuk meminjam dari luar. Kami memahami itu corporate action untuk dilakukan," tambahnya.

Menurutnya, pemerintah akan melakukan sejumlah upaya untuk memudahkan pelaku bisnis. Namun, dirinya juga berharap agar para pengusaha memenuhi kewajibannya dengan baik, tanpa melakukan tax planning melalui pinjaman terafiliasi.

"Mudah-mudahan tidak jadi tren ke depan. Itu imbauan dari kami. Kami inginkan kerja sama yang baik. Karena kami tidak ingin merugikan mayoritas saudara kita yang hidupnya harus ditopang APBN. Mudah-mudahan imbauan ini bisa menyebar," pungkas Bambang.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.6030 seconds (0.1#10.140)