Dikejar Embargo Penuh Eropa, Minyak Mentah Rusia Mengalir Deras lewat Laut

Selasa, 08 November 2022 - 07:40 WIB
loading...
Dikejar Embargo Penuh Eropa, Minyak Mentah Rusia Mengalir Deras lewat Laut
Pengiriman minyak mentah Rusia melalui jalur laut melonjak ke level tertinggi dalam lima bulan pada pekan lalu sebelum sanksi penuh Uni Eropa (UE) dimulai. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Pengiriman minyak mentah Rusia melalui jalur laut melonjak ke level tertinggi dalam lima bulan pada pekan lalu. Hal itu karena waktu yang relatif singkat bagi kapal-kapal yang meninggalkan pelabuhan Baltik dan Arktik untuk mencapai tujuan utama sebelum sanksi penuh Uni Eropa (UE) dimulai.

Baca Juga: India Pesta Minyak Rusia, Impor dari Timur Tengah Jatuh ke Level Terendah

Kargo yang dikirim dari Rusia naik menjadi 3,6 juta barel per hari, atau posisi tertinggi sejak awal Juni. Sementara rata-rata empat minggu yang kurang stabil juga mengalami kenaikan untuk mencapai level terbesar sejak Agustus.

Inggris telah mengikuti jejak UE dalam melarang perusahaannya menyediakan asuransi dan layanan lain bagi kapal yang membawa minyak mentah Rusia. Kecuali kargo yang dibeli dengan harga di bawah batas yang belum disepakati yang ditetapkan oleh koalisi negara-negara G-7 dan Australia.

Baca Juga: Minyak Rusia Membanjiri Pelabuhan Asia, Menumpuk di Lepas Pantai Singapura dan Malaysia

Penetapan batas harga seperti larangan UE, dijadwalkan bakal mulai berlaku pada 5 Desember 2022. London merupakan pasar penting asuransi untuk urusan pengangkutan minyak. Asuransi dan ganti rugi melindungi perusahaan dari beragam risiko termasuk tumpahan minyak.

Inggris juga merupakan rumah bagi International Group of P&I Clubs, sebuah organisasi bersama dari seluruh dunia yang mencakup 95% armada kapal tanker untuk asuransi. Inggris akan mengeluarkan keringanan untuk kontrak pengiriman minyak Rusia yang ditandatangani sebelum 5 Desember dan dikirim sebelum 19 Januari, sejalan dengan pendekatan Amerika Serikat (AS).

Peningkatan terbesar, baik dalam hal volume maupun persentase, yakni pengiriman dari terminal Arktik Murmansk. Dibutuhkan kapal lebih lama untuk mencapai tujuan di Asia dari Murmansk daripada dari terminal di Baltik atau Laut Hitam.

Lompatan itu dapat mencerminkan upaya menggejot volume pengiriman sebelum sanksi UE mencegah kapal-kapal blok itu mengangkut minyak mentah Rusia dan melarang penyediaan asuransi dan layanan lainnya ke seluruh armada dunia.

Kapal-kapal yang membawa minyak mentah Rusia juga menjadi lebih cerdik tentang tujuan mereka. Lebih banyak kapal meninggalkan pelabuhan Rusia, tanpa memberikan signal pada pelabuhan pembuangan akhir.
Halaman :
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2726 seconds (11.97#12.26)