Dikejar Embargo Penuh Eropa, Minyak Mentah Rusia Mengalir Deras lewat Laut

Selasa, 08 November 2022 - 07:40 WIB
loading...
Dikejar Embargo Penuh Eropa, Minyak Mentah Rusia Mengalir Deras lewat Laut
Pengiriman minyak mentah Rusia melalui jalur laut melonjak ke level tertinggi dalam lima bulan pada pekan lalu sebelum sanksi penuh Uni Eropa (UE) dimulai. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Pengiriman minyak mentah Rusia melalui jalur laut melonjak ke level tertinggi dalam lima bulan pada pekan lalu. Hal itu karena waktu yang relatif singkat bagi kapal-kapal yang meninggalkan pelabuhan Baltik dan Arktik untuk mencapai tujuan utama sebelum sanksi penuh Uni Eropa (UE) dimulai.



Kargo yang dikirim dari Rusia naik menjadi 3,6 juta barel per hari, atau posisi tertinggi sejak awal Juni. Sementara rata-rata empat minggu yang kurang stabil juga mengalami kenaikan untuk mencapai level terbesar sejak Agustus.

Inggris telah mengikuti jejak UE dalam melarang perusahaannya menyediakan asuransi dan layanan lain bagi kapal yang membawa minyak mentah Rusia. Kecuali kargo yang dibeli dengan harga di bawah batas yang belum disepakati yang ditetapkan oleh koalisi negara-negara G-7 dan Australia.



Penetapan batas harga seperti larangan UE, dijadwalkan bakal mulai berlaku pada 5 Desember 2022. London merupakan pasar penting asuransi untuk urusan pengangkutan minyak. Asuransi dan ganti rugi melindungi perusahaan dari beragam risiko termasuk tumpahan minyak.

Inggris juga merupakan rumah bagi International Group of P&I Clubs, sebuah organisasi bersama dari seluruh dunia yang mencakup 95% armada kapal tanker untuk asuransi. Inggris akan mengeluarkan keringanan untuk kontrak pengiriman minyak Rusia yang ditandatangani sebelum 5 Desember dan dikirim sebelum 19 Januari, sejalan dengan pendekatan Amerika Serikat (AS).

Peningkatan terbesar, baik dalam hal volume maupun persentase, yakni pengiriman dari terminal Arktik Murmansk. Dibutuhkan kapal lebih lama untuk mencapai tujuan di Asia dari Murmansk daripada dari terminal di Baltik atau Laut Hitam.

Lompatan itu dapat mencerminkan upaya menggejot volume pengiriman sebelum sanksi UE mencegah kapal-kapal blok itu mengangkut minyak mentah Rusia dan melarang penyediaan asuransi dan layanan lainnya ke seluruh armada dunia.

Kapal-kapal yang membawa minyak mentah Rusia juga menjadi lebih cerdik tentang tujuan mereka. Lebih banyak kapal meninggalkan pelabuhan Rusia, tanpa memberikan signal pada pelabuhan pembuangan akhir.

Secara khusus, telah terjadi peningkatan besar lalu lintas kapal dengan tujuan Port Said atau Terusan Suez. Di sisi lain terjadi penurunan volume pada kapal tanker yang menunjukkan mereka sedang menuju ke India. Kemungkinan besar sebagian besar kapal-kapal ini akan mulai memberi sinyal kepada pelabuhan India begitu mereka melewati kanal.

Kapal tanker yang memuat di Primorsk atau Ust-Luga tidak mungkin mencapai terminal pembuangan di China atau India sebelum larangan UE melanda. Sebuah kargo minyak mentah dari pelabuhan Arktik Murmansk, menuju ke China melalui Rute Laut Utara di sepanjang pantai Arktik Rusia.

Mereka melewati Selat Bering pada akhir pekan, tetapi tidak mungkin menjadi rute utama untuk pengiriman karena kurangnya kapal yang sesuai dan es musim dingin kemungkinan akan membuatnya tidak dapat digunakan selama beberapa bulan.

Aliran Minyak Mentah berdasarkan Tujuan:

Pada basis data rata-rata empat minggu, ekspor lintas laut secara keseluruhan naik ke level tertinggi 11 minggu sebesar 3,18 juta barel per hari. Peningkatan terbesar terlihat pada pengiriman yang tidak menunjukkan tujuan akhir.

Semua angka tidak termasuk kargo yang diidentifikasi sebagai kelas KEBCO Kazakhstan. Ini adalah pengiriman yang dilakukan oleh KazTransoil JSC dengan transit Rusia untuk ekspor melalui Ust-Luga dan Novorossiysk.

Barel Kazakh dicampur dengan minyak mentah asal Rusia untuk menciptakan kelas ekspor yang seragam. Sejak invasi Ukraina oleh Rusia, Kazakhstan telah mengubah nama muatannya untuk membedakannya dari pengiriman oleh perusahaan Rusia. Minyak mentah transit secara khusus dibebaskan dari sanksi UE.

- Eropa

Ekspor minyak mentah lintas laut Rusia ke negara-negara Eropa naik ke level tertinggi enam minggu di angka 762.000 barel per hari dalam 28 hari hingga 4 November. Aliran minyak Rusia ke Benua Biru -julukan Eropa- naik 51.000 barel per hari, atau 7% sepanjang periode hingga 28 Oktober. Angka-angka ini belum termasuk pengiriman ke Turki.

Volume yang dikirim dari Rusia ke negara-negara Eropa utara naik tipis dalam empat minggu hingga 4 November. Semua pengiriman masuk ke tangki penyimpanan di Rotterdam selama minggu keempat.

Ekspor dengan tujuan negara-negara Mediterania juga naik sedikit dalam empat minggu hingga 4 November 2022. Aliran ke wilayah tersebut, termasuk Turki, yang dikecualikan dari angka-angka Eropa di bagian atas bagian ini, naik ke level tertinggi tiga minggu.

Pengiriman ke Turki tidak berubah pada 330.000 barel per hari. Sebuah kapal tanker yang membawa minyak mentah dari Murmansk menurunkan muatan di Savona, Italia utara, menurut data pergerakan kapal.

Aliran gabungan ke Bulgaria dan Rumania tidak berubah pada posisi 167.000 barel per hari, sedikit lebih dari setengah dari volume puncak yang terlihat pada bulan Juni.

Hampir semua volume yang menuju pelanggan di Laut Hitam berakhir di Bulgaria. Negara itu mendapatkan keringanan sebagian dari larangan UE atas impor minyak mentah lintas laut dari Rusia.

- Asia

Pengiriman minyak Rusia ke pelanggan Asia, ditambah kapal yang tidak menunjukkan tujuan akhir, yang biasanya berakhir di India atau China, melonjak dalam tujuh hari hingga 4 November 2022. Volume minyak mentah yang menuju ke Asia mencapai 1,94 juta barel per hari dengan basis rata-rata empat minggu.

Dimana ada muatan sebesar 127.000 barel per hari pada kapal tanker yang titik pembuangannya tidak jelas. Angka gabungan ini menjadi yang tertinggi sepanjang tahun 2022 sejauh ini.

Semua kapal tanker yang membawa minyak mentah ke tujuan Asia yang tidak dikenal memberi sinyal Port Said atau Terusan Suez, dengan titik pembuangan akhir tidak mungkin terlihat sampai mereka melewati jalur ke Laut Merah, paling cepat.

Sebagian besar kapal itu berakhir di India, dengan beberapa di antaranya menuju ke China dan sesekali kapal pergi ke tujuan lain seperti Uni Emirat Arab, atau Sri Lanka.

Alur Berdasarkan Lokasi Ekspor

Aliran agregat minyak mentah Rusia naik 464.000 barel per hari, atau 15% dalam tujuh hari hingga 4 November 2022, dibandingkan dengan minggu sebelumnya. Pengiriman naik dari semua wilayah kecuali Laut Hitam. Angka-angka tersebut tidak termasuk volume dari Ust-Luga dan Novorossiysk yang diidentifikasi sebagai kelas KEBCO Kazakhstan.

(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1310 seconds (0.1#10.140)