Optimalkan Proses Pengiriman, SiCepat Ekspres Operasikan Empat Mesin Sortir

Kamis, 10 November 2022 - 20:55 WIB
loading...
Optimalkan Proses Pengiriman, SiCepat Ekspres Operasikan Empat Mesin Sortir
Mesin sortir SiCepat yang berlokasi di Jakarta Sortation 2, Cakung, Jakarta Timur.
A A A
JAKARTA - SiCepat Ekspres melakukan langkah inovatif untuk mengoptimalkan proses sortir paket dengan memanfaatkan teknologi mesin sortir otomatis. Peralihan proses sortir dari manual ke otomasi mesin telah dimulai sejak 2021 lalu. Hingga saat ini, SiCepat telah memiliki empat buah mesin sortir yang tersebar di wilayah Jakarta, Tangerang, Bandung, dan Karawang.

Mesin sortir yang dioperasikan oleh SiCepat memiliki kemampuan memilah sebanyak 12.000 hingga 24.000 paket per jam. Besar kecepatan mesin sortir juga disesuaikan pada tiap wilayah yang telah teroptimalisasi. Penggunaan mesin ini dikhususkan untuk gerai-gerai di wilayah dengan volume paket yang tinggi, agar proses sortir dan operasional lebih optimal serta mempercepat proses pengiriman paket.

(Baca juga:SiCepat EkspresTerapkan Strategi Pemasaran Multiplatform)

“Pada tahun 2022 ini kami menghadirkan tiga mesin sortir lainnya di tiga wilayah dengan jumlah kiriman paket terbanyak di Indonesia yaitu, Bandung dan Jakarta dengan kapasitas 24.000 paket per jam, dan Cikapur Karawang dengan kapasitas 12.000 paket per jam,” kata Chief Operating Officer SiCepat Ekspres Murwanto dalam keterangan tertulisnya, Kamis (10/11/2022).

Murwanto menambahkan bahwa performa operasional SiCepat di sisi penyortiran paket mengalami kenaikan efektivitas hingga 250% dari semula proses sortir manual hanya menghasilkan 30.000-40.000 paket per hari menjadi 100.000-130.000 pada hari biasa. Tidak hanya itu, pada peak season (hari perayaan tertentu), SiCepat dapat menyelesaikan penyortiran sebanyak 350.000 paket per hari.

(Baca juga:Perluas Brand Awareness, SiCepat Gandeng Citilink)

Chief Executive Officer SiCepat Ekspres The Kim Hai menambahkan bahwa inovasi penggunaan teknologi mesin sortir otomatis ini merupakan salah satu upaya untuk mempersiapkan operasional yang lebih efektif dan efisien terutama di wilayah dengan volume paket yang besar.

“Percepatan proses sortir ini tentunya mendukung SiCepat dalam menyediakan layanan pengiriman yang semakin cepat dengan SLA yang tetap terjaga,” kata The Kim Hai.
(dar)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1145 seconds (0.1#10.140)