Punya Potensi Rp12 Triliun, Pasar Cloud Computing Indonesia Pincut Perusahaan China

Kamis, 10 November 2022 - 22:25 WIB
loading...
Punya Potensi Rp12 Triliun, Pasar Cloud Computing Indonesia Pincut Perusahaan China
Potensi pasar cloud computing Indonesia terbilang besar. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Saat ini Indonesia merupakan salah satu pasar cloud computing dengan pertumbuhan tercepat di kawasan Asia Pasifik. Pertumbuhan rata-rata per tahun (CAGR) industri cloud computing Indonesia diproyeksikan 25% selama beberapa tahun ke depan, mencapai USD800 juta atau Rp12,4 triliun (kurs Rp15.500) pada 2023.

Baca juga: Mahasiswa, Ini Loh Keuntungan Ikut Program Bangkit

Potensi itulah yang memincut EdgeyRay, anak perusahaaan Wangsu Science & Technology, untuk mencoba peruntungannya di Tanah Air. Wangsu Science & Technology sendiri merupakan perusahaan distribusi cloud global yang berbasis di China.

Baca juga: Resmikan Cabang Kemang, MNC Sekuritas Terus Ekspansi

"Itulah yang menjadi alasan utama ekspansi EdgeRay ke Indonesia, setelah Malaysia, Filipina, Singapura di Asia Tenggara," tutur Country Manager Edgeray, Ferry Dingin Sinaga, di Jakarta Kamis (10/11/2022).

Ferry menambahkan, EdgeRay adalah perusahaan cloud computing netral dan andal yang menggunakan arsitektur terpadu untuk menyediakan produk dan layanan cloud untuk memenuhi kebutuhan penyebaran yang fleksibel dan beragam dari perusahaan publik hingga private.

Untuk menjalankan ekspansinya, Edgeray berkolaborasi dengan Wahana Piranti Teknologi untuk menyediakan solusi IT, seperti hyperconverged infrastructure cloud, private cloud, public cloud, and hybrid cloud ke market indonesia.

Director Wahana Piranti Teknologi Lenna Phang menyatakan bahwa Wahana merupakan distributor EdgeRay untuk Indonesia, yang telah aktif mendistribusikan solusi IT untuk pasar Indonesia selama satu dekade terakhir.

Punya Potensi Rp12 Triliun, Pasar Cloud Computing Indonesia Pincut Perusahaan China


"Kami berkomitmen untuk berkolaborasi dengan EdgeRay untuk memberikan solusi cloud berkualitas tinggi bagi pelanggan lokal," ucap Lenna.

Lenna menyebut pasar cloud Indonesia sedang dalam tahap pembentukan, dengan potensi besar untuk tumbuh dan memberi nilai tambah bagi ekonomi lokal. Hal itu yang menjadikan peluang besar bagi EdgeRay untuk mengembangkan ekosistem berstandar global di Indonesia.

Baca juga: Kemlu: Satu WNI Tewas dalam Peristiwa Penembakan di Amerika Serikat

"Kami percaya bahwa dalam dua tahun, EdgeRay dapat memenuhi visi kami untuk menjadi penyedia cloud computing paling populer di Indonesia," pungkasnya.
(uka)
Komentar
Copyright © 2022 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.1780 seconds (11.252#12.26)