Berdayakan Ekonomi Perempuan, G20 Empower Usung Kesetaraan

Kamis, 17 November 2022 - 18:44 WIB
loading...
Berdayakan Ekonomi Perempuan, G20 Empower Usung Kesetaraan
G-20 Empower mengusung pemberdayaan ekonomi perempuan dalam kesetaraan menjadi poin yang dimasukan dalam G-20 Bali Leaders Declaration. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - G-20 Empower bersama Sherpa G-20 Indonesia mengusung pemberdayaan ekonomi perempuan dalam kesetaraan. Hal itu menjadi poin yang dimasukan dalam G-20 Bali Leaders Declaration dalam menjawab tantangan global dan berbagai isu ekonomi (non-finansial) untuk mencari solusi dan memberikan rekomendasi atas agenda dan isu prioritas G-20.

"Kuncinya adalah mencapai keseimbangan. Dengan agenda Pembangunan Berkelanjutan 2030 sebagai penunjuk arah kita, kita harus mempertimbangkan solusi paling efektif untuk krisis multidimensi yang sedang berlangsung dan tetap rendah hati dalam keterbatasan kita sebagai manusia," kata Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto melalui pernyataannya, Kamis (16/11/2022).

Baca Juga: Anne Hathaway Bicara di Forum G20: Ungkap Risiko Pandemi bagi Perempuan

Airlangga mengatakan inklusivitas menjadi sangat penting bagi Indonesia dan harus saling membantu dalam melalui masa-masa yang sulit ini. Sementara, perwakilan G-20 Empower berhasil membawa pemikiran keberpihakan pada kemajuan dan pemberdayaan ekonomi perempuan ke dalam poin G-20 Bali Leaders Declaration.

Berdasarkan keseluruhan poin yang disusun, G-20 Empower menyumbang pemikiran di salah satu paragraf terkait kesepakatan bersama terhadap pengarusutamaan kesetaraan gender. Co-Chair G-20 Empower, Rinawati Prihatingsih menyadari pandemi Covid-19 menyumbang angka ketidaksetaraan perempuan dalam hal ekonomi.

"Untuk itu, kami berjuang untuk menempatkan perempuan sebagai inti dari upaya pembangunan dan pemulihan yang inklusif dan berkelanjutan," jelas dia.

"Tidak hanya upaya untuk mengatasi ketidaksetaraan akses digital dan kesenjangan upah akan dilanjutkan, tetapi juga lebih jauh lagi untuk menghilangkan hambatan partisipasi ekonomi dan kewirausahaan bagi perempuan," imbuhnya.

Baca Juga: Ketika Gadis Thailand Lenggak-lenggok di Lapas Perempuan Semarang dengan Kain Ecoprint

Sementara itu, Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, I Gusti Ayu Bintang Darmavati mengungkapkan rasa terima kasih mendalamnya, kepada semua pihak yang terlibat dalam memperjuangkan kesetaraan perempuan. Terutama dalam keseteraan di bidang pembangunan ekonomi. "Terima kasih banyak kerja kerasnya teman-teman dalam memperjuangkan hak perempuan," katanya.

Sebagai informasi, G-20 Leaders Declaration berisikan substansi pembahasan prioritas Presidensi G20 Indonesia yakni arsitektur kesehatan global, tranformasi digital, dan transisi energi. Deklarasi juga membahas mengenai isu ketahanan pangan yang menjadi isu global saat ini.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.2115 seconds (10.101#12.26)