Tingkatkan Kualitas Infrastruktur, Ganjar Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi

Jum'at, 18 November 2022 - 11:30 WIB
loading...
Tingkatkan Kualitas Infrastruktur, Ganjar Sertifikasi Tenaga Kerja Konstruksi
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo membuka pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Semarang 1, Kota Semarang, Jumat (18/11). FOTO/dok.Istimewa
A A A
SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo , membuka pelatihan dan sertifikasi tenaga kerja di Balai Latihan Kerja (BLK) Semarang 1, Kota Semarang. Pelatihan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja Jateng dan mutu konstruksi bangunan.

"Ini kolaborasi yang bagus antara CSR-nya PT Waskita dengan Pemprov Jateng dalam hal ini Dinas Tenaga Kerja. Mahasiswa terlibat, pekerja profesional terlibat," kata Ganjar melalui pernyataan resmi, Jumat (18/11/2022).

Hal itu disampaikan Ganjar Pranowo saat memberikan pelatihan yang diikuti 50 tenaga kerja dengan keterampilan dan 70 tenaga kerja desain interior pada hari ini. Mayoritas tenaga kerja yang mengikuti pelatihan berasal dari kalangan mahasiswa teknik sipil dan dilatih langsung pekerja profesional dari PT Waskita.



Ganjar memaparkan, untuk setiap konstruksi pembangunan infrastruktur maupun sarana dan prasarana yang menggunakan anggaran daerah, pengerjaannya harus rapi, mampu tahan lama, dan harus menggunakan material yang sesuai standar.
Selain itu, lanjut Ganjar, jika suatu pengerjaan konstruksi bangunan dilakukan tenaga kerja yang terampil, berkompeten dan mumpuni, maka hasilnya tidak akan mengecewakan dan masyarakat pun akan puas atas fasilitas yang diberikan.

"Inilah kesempatan yang bisa kita berikan kepada kawan-kawan, tidak hanya teknis latihannya. Tapi saya ingatkan betul mereka, tantangan global butuh SDM yang berkualitas, bukan yang malas, tapi yang membangun integritas," jelas Ganjar.



Meningkatnya kualitas tenaga kerja dengan adanya pelatihan yang diberikan juga dapat meningkatkan kesejahteraan para tenaga kerja. Menurut Ganjar, jika kualitas tenaga kerja dan hasil pekerjaannya baik, maka upah pun juga tinggi sesuai standar pengerjaannya.

"Maka mereka akan diakui kualitasnya baik. Kalau kualitas mereka baik, maka kamu akan digaji tinggi dan pekerjaan kita dihargai dan diakui. Pasti rakyat ikut senang," ucap Ganjar.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2116 seconds (0.1#10.140)