KAI Daop 1 Jakarta Pastikan Perjalanan Kereta Aman Usai Gempa Cianjur

Senin, 21 November 2022 - 16:44 WIB
loading...
KAI Daop 1 Jakarta Pastikan Perjalanan Kereta Aman Usai Gempa Cianjur
PT KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh perjalanan kereta api di wilayah kerja Daop 1 Jakarta saat ini dalam kondisi aman pascagempa di kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Senin (21/11/2022) siang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Kereta Api Indonesia atau KAI Daop 1 Jakarta memastikan seluruh perjalanan kereta api (KA) di wilayah kerja Daop 1 Jakarta saat ini dalam kondisi aman, lancar dan terkendali, pascagempa di kabupaten Cianjur , Jawa Barat, siang ini.

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunnisa mengatakan, tidak ada gangguan operasional dampak kejadian gempa tersebut termasuk perjalanan KA Pangrango pada lintas Bogor - Sukabumi.

Untuk diketahui KAI Daerah Operasional atau Daop 1 meliputi wilayah yang terbentang dari stasiun Merak di provinsi Banten hingga stasiun Cikampek di Jawa Barat, melintasi stasiun-stasiun di wilayah DKI Jakarta, Banten, Bogor, Kota Depok, Sukabumi, dan Karawang.

"Paska terjadinya gempa sejumlah KA sempat diberhentikan sesaat dengan rentang waktu paling lama hingga 10 menit untuk pemeriksaan kondisi prasarana guna memastikan keamanan dan keselamatan perjalanan KA," kata Eva melalui keterangan tertulis yang diterima, Senin (21/11/2022).



Menurut dia, setelah dilakukan pemeriksaan kondisi prasarana perkeretaapian seperti jalur rel, jembatan, persinyalan, listrik aliran dan sejumlah prasarana lainnya terpantau dalam kondisi baik serta tidak mengalami kerusakan yang dapat mengganggu operasional KA.

"Seluruh petugas PT KAI Daop 1 Jakarta selalu siaga mengantisipasi semua kemungkinan yang berkaitan dengan alam salah satunya gempa,” ungkapnya.

“Pada titik rawan petugas yang berjaga selalu melakukan pengawasan dan pemantau berkala untuk memastikan kondisi prasarana dalam kondisi baik," imbuh Eva.



Dia menambahkan, koordinasi antara petugas penjaga daerah rawan dan semua jajaran operasional termasuk masinis yang selalu mendapatkan pantauan terbaru dari Pusat Pengendali Kereta Api juga dilakukan.

Daop 1 Jakarta mengimbau kepada pengguna jasa KA agar selalu mengikuti arahan petugas di lapangan jika sewaktu-waktu terjadi kondisi khusus.

Sebagaimana diketahui, BMKG mencatat adanya gempa berkekuatan 5,6 SR di wilayah Cianjur, Jawa Barat, yang terjadi pada Senin (21/11/2022) pukul 13.21.10 WIB. Gempa yang berada di kedalaman 10 kilometer barat daya kabupaten Cianjur ini tidak berpotensi tsunami.

(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1628 seconds (0.1#10.140)