Mendag Zulkifli Lepas Ekspor Sarden Senilai Rp14 Miliar ke Australia

Selasa, 22 November 2022 - 18:07 WIB
loading...
Mendag Zulkifli Lepas Ekspor Sarden Senilai Rp14 Miliar ke Australia
Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melepas ekspor sarden ke Australia milik CV Pasific Harvest di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, (22/11/2022). FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan melepas ekspor sarden ke Australia milik CV Pasific Harvest di Banyuwangi, Jawa Timur, Selasa, (22/11/2022). Pelepasan ekspor produk ikan sarden tersebut memiliki nilai sebesar USD902 ribu atau senilai Rp14 miliar dari total kontrak penjual USD2,7 juta di 2022.

"Di tengah perlambatan ekonomi dan perdagangan global, kita patut bersyukur dan bangga atas tren positif kinerja perdagangan Indonesia," kata Mendag Zulhas saat melakukan pelepasan ekspor melalui pernyataannya, Selasa (22/11/2022).



Mendag Zulhas bersyukur di tengah perlambatan ekonomi dan perdagangan global kinerja perdagangan Indonesia tetap menunjukkan tren positif. Mendag Zulhas menekankan bahwa hal itu harus dibanggakan.

Dia melanjutkan bahwa pada 2021 surplus neraca perdagangan Indonesia mencapai USD 35,34 miliar atau mencapai rekor tertinggi sejak 15 tahun. Tren terus berlanjut pada periode Januari hingga Oktober 2022 untuk menunjang pertumbuhan ekonomi Indonesia 5,72 persen dan menunjang surplus neraca perdagangan USD45,9 miliar.

Mendag Zulhas mengungkapkan, arahan Presiden Jokowi agar terus berupaya mendukung peningkatan ekspor Indonesia. "Bapak Presiden telah memberikan arahan kepada saya untuk terus berupaya mendukung peningkatan ekspor Indonesia, bahkan secara khusus telah meminta saya sebagai Menteri Perdagangan untuk melakukan Misi Dagang setiap bulan," ungkap Mendag.



Mendag Zulkifli memastikan bahwa kehadirannya dalam pelepasan ekspor produk ikan sarden ke Australia milik CV Pasific Harvest merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha Indonesia. "Oleh karena itu, saya hadir ini merupakan bentuk dukungan pemerintah kepada pelaku usaha nasional untuk terus mendukung pertumbuhan ekspor dan ekonomi Indonesia," tutup Mendag Zulkifli Hasan.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1900 seconds (0.1#10.140)