Pembangunan Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kadipiro Tahap II Capai 38,52%

Minggu, 27 November 2022 - 15:40 WIB
loading...
Pembangunan Jalur Ganda KA Solo Balapan-Kadipiro Tahap II Capai 38,52%
Pembangunan rel ganda KA Solo Balapan-Kadipuro tahap II capai 38,5%. Foto/ilustrasi
A A A
JAKARTA - Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, proyek pembangunan rel ganda (double track) KA Solo-Semarang fase I segmen Solo Balapan-Kalioso sepanjang 10 kilometer spoor (Km'sp) tahap II telah mencapai 38,52%. Pembangunan tahap II adalah pengerjaan substruktur jembatan dengan rangka baja (fondasi dan tiang penyangga jembatan utama sepanjang 270 meter).



"Progres pekerjaan tahap dua per 25 November 2022 mencapai 38,52%," kata Menhub dalam keterangan tertulis, Minggu (27/11/2022).

Membub menambahkan, pengerjaan akan memakan waktu enam bulan mulai Agustus 2022 hingga Februari 2023. Selanjutnya, pada tahap III akan dilakukan pembangunan berupa erection bentang rangka baja yang mulai dikerjakan pada bulan Februari hingga Juli 2023 dan dilanjutkan dengan erection bentang utama pada Agustus hingga Oktober 2023.

Secara keseluruhan, pembangunan jalur ganda kereta api Solo Balapan-Kalioso ditargetkan selesai pada april 2024 mendatang. Dengan dibangunnya rel layang ini diharapkan dapat mengatasi kemacetan yang selama ini terjadi.

“Simpang Joglo adalah urat nadi pergerakan dari Jakarta melalui Solo ke Surabaya,” kata Menhub.

Dengan adanya pekerjaan ini, Kemenhub bersama Pemerintah Kota Solo telah menyiapkan rekayasa lalu lintas untuk mengantisipasi dampak kemacetan dari pembangunan. Selain itu juga dilakukan pembangunan Viaduk Gilingan di Jl. Ahmad Yani, Solo, yang dilakukan Kementerian Perhubungan bekerja sama dengan Kementerian PUPR yang menyebabkan akan dilakukannya penutupan sementara.

Pekerjaan ini akan meningkatkan batas ketinggian maksimal kendaraan yang melintas dari yang semula hanya 3,7 meter menjadi 4,2 meter. Dengan ketinggian itu Viaduk Gilingan, Solo, dapat dilalui bus besar dan akan memperlancar lalu lintas dari dan menuju ke Sheikh Zayed Grand Mosque, yaitu replika masjid megah yang ada di Uni Emirat Arab (UEA) yang dibangun di Kota Solo.



“Kita harapkan pembangunan viaduk ini dapat diselesaikan pada Maret 2023 mendatang. Ini akan melancarkan masyarakat yang akan menuju ke masjid maupun sebaliknya. Ini akan menjadi salah satu wisata religi yang menjadi daya tarik baru di Kota Solo,” ucap Menhub.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2027 seconds (0.1#10.140)