Wapres Minta Papua Selatan Dibangun Food Estate

Rabu, 30 November 2022 - 11:04 WIB
loading...
Wapres Minta Papua Selatan Dibangun Food Estate
Wapres Maruf Amin mendorong penciptaan lumbung pangan di Papua untuk menjaga ketahanan pangan. FOTO/dok.Istimewa
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden (Wapres) Ma'ruf Amin mendorong penciptaan lumbung pangan (food estate) di Papua untuk menjaga ketahanan pangan di Indonesia bagian timur. Masalah pangan menjadi perhatian internasional terlebih pasca pandemi Covid-19, krisis iklim, hingga konflik geopolitik telah menyebabkan gangguan rantai pasok komoditas antara negara.

"Rumuskan pendekatan terintegrasi sejak hulu sampai hilir. Pastikan keterlibatan masyarakat papua asli di dalam masalah pengelolaan," kata Wapres dalam pernyataan tertulisnya, Rabu (30/11/2022).



Menurut dia persoalan pangan di Papua masih banyak terkendala dalam urusan tata kelola kelola padi hingga jagung, yang harus segera dituntaskan. "Saya juga tadi mendengar berbagai masalah oleh karena itu tata kelola tentang masalah padi, jagung, dan masalah lainnya harus sudah dirumuskan, supaya menjadi lumbung pangan nasional," kata Wapres.



Menurut dia agenda ketahanan pangan menjadi perhatian dari komunitas internasional, termasuk menjadi agenda pembahasan di KTT G20 Bali karena telah menjadi masalah bersama setiap negara. "Oleh karena itu, kita perlu fokus untuk menjadikan Papua Selatan sebagai lumbung pangan nasional di Timur Indonesia. Baik sentra padi, sentra perikanan dan sentra peternakan," pungkasnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1054 seconds (0.1#10.140)