215 Negara Krisis Corona, Jokowi Prediksi Ekonomi RI Tumbuh Minus

Kamis, 09 Juli 2020 - 19:29 WIB
loading...
215 Negara Krisis Corona, Jokowi Prediksi Ekonomi RI Tumbuh Minus
Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II akan minus di angka 3,8%. Foto/Dok
A A A
PALANGKA RAYA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) memprediksi pertumbuhan ekonomi Indonesia pada kuartal II akan minus di angka 3,8%. Hal ini terjadi akibat pandemi corona yang berkepanjangan dan terus meningkat, tidak hanya menimbulkan krisis kesehatan tetapi juga merambat hingga perekonomian nasional.

"Ini saya berikan contoh saja, urusan ekonomi dulu. Kuartal I, pertumbuhan kita hanya muncul di angka 2,97. Di kuartal II kita perkirakan sudah berada di minus, growth kita minus 3,8 kurang lebih, ini baru prediksi karena hitung-hitungannya belum keluar," ucapnya saat mengunjungi Posko Penanganan Covid-19 di Palangka Raya, Kalimantan Tengah, Kamis (9/7/2020).

( )

Jokowi menuturkan, Indonesia tidak sendirian mengalami krisis kesehatan dan ekonomi akibat pandemi corona. Menurutnya masih ada 215 negara lainnya yang mengalami nasib serupa. "215 negara mengalami hal yang sama dan mengalami kesulitan yang sama," tukas dia.

Lebih lanjut, Jokowi menuturkan, berdasarkan informasi dari Organisasi Kerja Sama dan Pembangunan Ekonomi atau OECD, sejumlah negara maju lainnya juga turut terbentur persoalan ekonomi.

( )

"Coba kita lihat, informasi terakhir yang kita terima dari OECD, prediksi untuk peetumbuhan ekonomi global yang sebelumnya minus 2,5 kemudian dirubah lagi karena ini dinamis sekali, menjadi minus 5. Sekarang sudah ganti lagi minus 6 sampai minus 7,6, hati-hati," imbuhnya. (Lihat grafis: Pandemi Covid-19 Mempercepat Proses Disrupsi di Berbagai Sektor)

"Di eropa misalnya, Inggris diperkirakan tahun ini akan minus 15,4%, Jerman berada diangka 11,2% minus, Prancis diperkirakan akan minus 17,2%, Jepang minus 8%. Hati-hati," pungkasnya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1091 seconds (0.1#10.140)