Pertamina Optimalkan Asetnya di Palembang untuk Bangun Cultural Park

Jum'at, 10 Juli 2020 - 13:19 WIB
loading...
Pertamina Optimalkan Asetnya di Palembang untuk Bangun Cultural Park
Pertamina bersama Pemkot Palembang dan Pemprov Sumatera Selatan menandatangani kesepakatan untuk membangun Kawasan Kenten Cultural Park di atas lahan milik Pertamina di Kenten, Palembang. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - PT Pertamina (Persero) menggandeng pemerintah daerah (pemda) melakukan optimalisasi aset di Kawasan Kenten, Palembang, Sumatera Selatan, untuk dapat memberikan nilai tambah dan manfaat sebesar-besarnya bagi masyarakat dan pemerintah setempat.

Rencana ini tertuang dalam nota Kesepakatan antara Pertamina bersama Pemerintah Kota Palembang dan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan untuk membangun Kawasan Kenten Cultural Park di atas lahan milik Pertamina di wilayah Kenten, Kota Palembang. Kesepakatan itu ditandatangani antara ketiga belah pihak di Palembang, hari ini.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati menjelaskan, aset di Kawasan Kenten, Palembang ini akan disulap sebagai area hijau perkotaan yang dapat digunakan untuk tempat berekreasi dan berolahraga.

"Rencana tersebut merupakan bentuk apresiasi Pertamina terhadap dukungan yang telah diberikan masyarakat Sumatera Selatan, Pemkot Palembang, Pemprov Sumatera Selatan dan instansi terkait lainnya atas kegiatan usaha inti yang selama ini dilakukan oleh Pertamina Group di Sumatera Selatan," ujarnya melalui siaran pers, Kamis (9/7/2020).

Pertamina, kata Nicke, memiliki sejumlah objek vital di wilayah Sumatera Selatan yang cukup lengkap dari hulu hingga hilir. Di hulu, Pertamina memiliki Asset 2 dan wilayah kerja (WK) yang dioperasikan Pertamina Hulu Energi (PHE). Pertamina juga memiliki Kilang Plaju yang saat ini sedang dikembangkan untuk pengolahan bioenergy dengan bahan utama CPO.

Di bisnis hilir, lanjut dia, Pertamina juga memiliki sejumlah Terminal BBM yang menyuplai ratusan SPBU yang tersebar di wilayah Sumatera Selatan. Pertamina juga telah membangun sejumlah Pertashop untuk melayani energi di wilayah perdesaan di Sumatera Selatan.

"Di kota gas ini, Pertamina juga telah membangun jaringan gas untuk rumah tangga maupun industri dan pelaku usaha dengan pilot project antara lain di Prabumulih dan Palembang," imbuhnya.

(Baca Juga: Pertamina Luncurkan Kompetisi Sobat Bumi)

Pertamina, tegas Nicke, perlu terus bersinergi dengan pemerintah daerah setempat agar pengelolaan aset berjalan baik, termasuk dalam pembangunan cultural park. Nicke berharap, kehadiran kawasan tersebut akan menjadi oase baru di Kota Palembang, sebagai fasilitas hijau perkotaan yang dapat dinikmati seluruh lapisan masyarakat.

"Lebih jauh lagi, pengembangan ini juga diharapkan menjadi destinasi wisata baru bagi Kota Palembang serta mendukung urban development di sekitar wilayah," tuturnya.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2266 seconds (0.1#10.140)