Wujudkan Keselamatan dan Kesejahteraan Pekerja, Pupuk Kaltim Raih Sertifikat ISO/PAS

Selasa, 06 Desember 2022 - 18:20 WIB
loading...
Wujudkan Keselamatan dan Kesejahteraan Pekerja, Pupuk Kaltim Raih Sertifikat ISO/PAS
Pupuk Kaltim raih ISO terkait keselamatan dan kesejahteraan pekerja. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Berkomitmen menerapkan keselamatan dan kesejahteraan para pekerja maupun pihak lain yang terlibat dalam proses bisnis perusahaan di masa pandemi , PT Pupuk Kalimantan Timur ( Pupuk Kaltim ) meraih sertifikat Acknowledgement ISO/PAS 45005:2020. Pupuk Kaltim pun menjadi perusahaan pertama di lingkungan Pupuk Indonesia Grup yang mendapatkan sertifikat itu, dengan capaian nilai maksimal 102/102 dan indeks kumulatif 3/3.



VP K3 Pupuk Kaltim David Ronaldo Manik mengungkapkan, sertifikat ISO/PAS 45005:2020 menjadi bukti komitmen Pupuk Kaltim untuk bekerja secara sehat dan aman, utamanya dalam menghadapi pandemi Covid-19 dua tahun terakhir. Sertifikat ini pun menjadi dorongan untuk terus meningkatkan performa dan kinerja, dalam memberikan perlindungan serta penanganan terhadap risiko Covid-19 bagi pekerja di lingkungan perusahaan.

"Saat ini kita masih berhadapan dengan Covid-19, sehingga risiko tidak terkontrol sangat berpotensi mengganggu proses bisnis perusahaan. Pupuk Kaltim pun berkomitmen untuk terus meningkatkan langkah antisipasi dan penanggulangan agar tercipta lingkungan kerja yang sehat dan aman," ujar David, dalam keterangannya, Selasa (6/12/2022).

Dijelaskannya, ISO/PAS 45005:2020 merupakan upaya Pupuk Kaltim merespons pandemi yang dapat mengganggu kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan karyawan. Upaya itu berkesinambungan dengan langkah Pupuk Kaltim terhadap penanggulangan Covid-19, dari sebelumnya dilaksanakan melalui gugus tugas Tim Crisis Center Covid-19 yang dibentuk sejak awal pandemi.

Tim crisis center memiliki sejumlah tugas utama, yakni melaksanakan kebijakan perusahaan dalam hal pencegahan dan penanganan Covid-19, melalui pembuatan pedoman dan prosedur hingga penerapan program pencegahan. Di antaranya Tracing, Tracking and Treatment (3T), budaya hidup sehat hingga program vaksinasi.

"Termasuk evaluasi program serta melakukan continuous improvement untuk pencapaian kinerja pencegahan serta penanganan Covid-19 agar lebih baik. Sehingga proses produksi dan operasional perusahaan tetap terjaga selama pandemi," tandas David.

Menurut David, ISO/PAS 45005:2020 memberikan panduan bagi organisasi mengenai cara mengelola risiko yang timbul dari Covid-19. Utamanya melindungi kesehatan, keselamatan dan kesejahteraan yang terkait pekerjaan. Selain itu juga panduan terkait pemberian perlindungan semua pekerja, serta pihak lain yang berkepentingan seperti pengunjung, tamu hingga masyarakat sekitar perusahaan.

Selain itu ISO/PAS 45005:2020 juga memastikan peran dan tersedianya SDM dalam penanganan Covid-19, menyiapkan rencana tindakan apabila ada kasus serta aturan dan perlengkapan yang diperlukan saat berinteraksi dengan pemangku kepentingan. Dari implementasinya, Pupuk Kaltim dapat menunjukkan jika perusahaan mampu menangani risiko Covid-19 menggunakan pendekatan sistematis.

"Melalui penerapan ISO/PAS 45005:2020, Pupuk Kaltim dapat mengambil tindakan efektif untuk melindungi pekerja dan pihak lainnya yang berkepentingan terhadap risiko terkait Covid-19," tutur David.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1636 seconds (0.1#10.140)