KNEKS: Muslim Lifefair 2022 Dorong Pelaku UMKM Perluas Pasar

Jum'at, 09 Desember 2022 - 17:56 WIB
loading...
KNEKS: Muslim Lifefair 2022 Dorong Pelaku UMKM Perluas Pasar
Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat saat membuka pameran Muslim Lifefair 2022. FOTO/MPI/Heri Purnomo
A A A
BANDUNG - Komite Nasional Ekonomi Keuangan Syariah (KNEKS) mendorong pelaku usaha untuk saling berkolaborasi agar dapat memperluas pasar melalui Muslim Lifefair 2022. Hal itu diungkapkan oleh Direktur Infrastruktur Ekosistem Syariah KNEKS Sutan Emir Hidayat saat membuka pameran Muslim Lifefair 2022 yang diselenggarakan di Bandung Convention Center mulai 9 Desember hingga 11 Desember 2022.

"Pelaku UMKM sudah saatnya harus bangkit menjadi pemain utama, tak hanya melulu sebagai konsumen, melainkan beralih menjadi produsen produk halal yang siap bersaing di market global," katanya saat memberikan sambutan di pameran Muslim Lifefair di Bandung, Jumat (9/12/2022).

Baca Juga: Genjot Industri Halal, Sri Mulyani Beberkan 7 Hasil Rapat Pleno KNEKS

Emir mengatakan kontribusi ekonomi syariah terhadap perekonomian nasional dari sektor makanan, fashion, pariwisata dan pertanian pun patut diperhitungkan. Menurut Data Departemen Ekonomi dan Keuangan Syariah Bank Indonesia, mencapai sekitar 25 sampai 26 persen pada kuartal II 2022, tumbuh sekitar 4,37 persen atau kurang dari pertumbuhan ekonomi nasional sebesar 5,44 persen.

Untuk mewujudkan visi Indonesia menjadi Global Halal Hub pada tahun 2024, peran dari UMKM dan Kawasan Strategis Ekonomi di Indonesia menjadi sangat signifikan. Meningkatnya gaya hidup halal di Indonesia menciptakan pasar yang baik di tingkat domestik, ditambah dengan adanya kemudahan berusaha di Kawassan Strategis Ekonomi seperti di KPBPB dan KEK (Kawasan Ekonomi Khusus) membuat semakin mudahnya akses untuk menjangkau pasar global.

"Oleh karena itu, KNEKS akan terus mendorong upaya kreatif dan proaktif untuk percepatan menuju Indonesia sebagai Global Hub 2024," katanya.

Baca Juga: Wujudkan Pusat Halal Dunia, Wapres Ingin Komite Ekonomi Syariah Ada di Seluruh Provinsi

Untuk diketahui, Bandung Muslim Lifefair 2022 merupakan pameran produk islami & Community Gathering sebagai rangkaian dari road to Muslim LifeFest yang diselenggarakan dari 9 Desember hingga 11 Desember 2022 di Bandung Convention Center, Kota Bandung, Jawa Barat.

Muslim LifeFair hadir dengan konsep bazaar produk Islami, dengan beragam progam acara pendukung yaitu Bincang santai dengan tema yang menarik, aktivitas edukasi anak, story telling dan kids playground, pendidikan islami, acara komunitas serta zona KHAS (Kuliner Halal Aman Sehat) dari berbagai macam daerah.

(nng)
Komentar
Copyright © 2023 SINDOnews.com
read/ rendering in 0.3747 seconds (11.97#12.26)