Asuransi Ini Bikin Warga Taiwan Rela Rogoh Kocek untuk Mudik

Jum'at, 10 Juli 2020 - 17:36 WIB
loading...
A A A
Sementara, asuransi kesehatan nasional Taiwan bisa menanggungnya. Biaya rawat jalan umum, operasi, rawat inap dan obat-obatan semuanya ditanggung oleh asuransi kesehatan nasional.

Kenyamanan perawatan medis di Taiwan juga menyenangkan. Lebih dari 90% rumah sakit besar dan klinik kecil di Taiwan adalah rekanan khusus Asuransi Kesehatan Nasional. Selama masyarakat memiliki kartu asuransi kesehatan nasional, mereka dapat memasuki rumah sakit besar atau klinik paling kecil di Taiwan kapan saja dan mendapatkan bantuan medis sesegera mungkin. Di beberapa negara, kemudahan seperti itu perlu beberapa minggu atau beberapa bulan.

Keunggulan lain dari asuransi kesehatan nasional Taiwan adalah digitalisasi dan cloudisasi dari catatan medis para pasien tersebut. Hasil diagnosis dan nama obat pasien setiap kali mereka pergi berobat akan ditransmisikan ke cloud untuk penyimpanan data, sebagai rujukan diagnosis bagi dokter lain ke depannya, guna menghindari pemborosan sumber daya medis serta efek penolakan obat.

Kali ini, pandemi COVID-19 telah merebak di seluruh dunia. Taiwan melalui Kantor Imigrasi untuk mencatat sejarah perjalanan warga baru-baru ini ke dalam catatan asuransi kesehatan, sehingga dokter yang berada di manapun dapat mengetahui apakah pasien pernah masuk keluar dari daerah atau negara berisiko tinggi. Ini adalah salah satu faktor utama Taiwan berhasil mengendalikan pandemi Covid-19.

Menurut survei dari badan InterNations Jerman, Taiwan berada di urutan teratas untuk tahun 2019 dalam daftar negara di dunia yang paling layak huni dan bekerja. Salah satu alasan utamanya adalah Taiwan memiliki kualitas medis yang baik.

Taipei juga menempati peringkat pertama oleh badan ini sebagai kota yang paling cocok untuk bekerja dan layak huni tahun 2020. Salah satu alasan penyebab Taiwan mendapatkan pengakuan dari masyarakat seluruh dunia di antaranya adalah kemudahan dalam perawatan medis.

Taiwan bersedia bekerja sama dengan negara-negara lain di dunia dalam bidang medis dan berbagi pengalaman untuk memajukan asuransi kesehatan nasional. Taiwan juga berharap dapat bertukar pikiran dengan BPJS Kesehatan Indonesia untuk bersama-sama meningkatkan kesehatan warga kedua negara.
(uka)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2374 seconds (0.1#10.140)