China Gencar Berburu Minyak, Harga Minyak Dunia Bisa Balik USD100 per Barel

Rabu, 14 Desember 2022 - 17:07 WIB
loading...
China Gencar Berburu Minyak, Harga Minyak Dunia Bisa Balik USD100 per Barel
Pelonggaran Covid-19 di China mendorong kenaikan harga minyak dunia. FOTO/Reuters
A A A
SINGAPURA - Lalu lintas jalan dan udara di China telah pulih setelah pelonggaran yang signifikan dalam pembatasan Covid-19 negara itu meningkatkan prospek permintaan bahan bakar minyak (BBM) dan mendukung harga minyak dunia.

Setelah hampir tiga tahun mengejar kebijakan yang menargetkan nol kasus Covid-19, China minggu lalu mengabaikan banyak pembatasan utama, termasuk menghentikan pengujian virus, melonggarkan aturan karantina, dan menghapus pelacakan perjalanan.

Berdasarkan data dari Kementerian transportasi, firma analitik perjalanan, dan konsultan energi, perubahan tersebut memicu peningkatan mobilitas yang signifikan, dengan transportasi darat dan udara meningkat untuk pertama kalinya dalam hampir dua bulan.

"Mengingat laju pembukaan kembali yang lebih cepat, kami sekarang memperkirakan mobilitas akan menjadi normal mencapai level Juni-Juli 2022 pada akhir Maret 2023 versus ekspektasi kami sebelumnya pada Mei-Juni," tulis analis Morgan Stanley dilanisr dari Reuters, Rabu (14/12/2022).



Analis Riset Global Bank of America mengatakan, mereka memperkirakan patokan minyak global Brent dapat dengan cepat naik melewati USD90 per barel dari USD80. Saat ini, sebagian di belakang pembukaan kembali ekonomi yang berhasil di China.

Volume penumpang udara domestik mingguan melonjak 68% minggu lalu dari minggu sebelumnya menjadi 3,7 juta kenaikan terbesar sejak liburan Tahun Baru Imlek di bulan Februari, menurut penyedia data penerbangan Variflight. Angka tersebut masih 37% lebih rendah dari tahun sebelumnya dan 68% lebih rendah dari 2019.

Jumlah truk yang melaju di jalan raya juga mengalami peningkatan pertama minggu lalu sejak awal Oktober, menurut data Kementerian Perhubungan. Area yang menyumbang hampir 20% dari total produk domestik bruto China telah dikunci pada bulan November, menurut broker Nomura, yang memicu protes yang jarang terjadi terhadap tindakan Covid-19 yang ketat.

Otoritas lokal sekarang telah mencabut penguncian di daerah dengan kasus Covid-19 dan menghentikan pengujian yang sering dilakukan terhadap pengemudi truk. Tidak ada penghentian sementara jalan tol yang tercatat sejak 8 Desember.

Indeks yang disusun oleh perusahaan manajemen armada China G7 menunjukkan pergerakan truk bermuatan penuh di China pekan lalu naik dari level terendah hampir dua bulan pada akhir November menjadi mendekati level periode yang sama pada 2019. Namun demikian, para analis menyuarakan nada kehati-hatian, karena ledakan kasus Covid-19 dapat menghambat momentum mobilitas baru-baru ini.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2980 seconds (0.1#10.140)