Daftar Harta Karun yang Dihasilkan Freeport Selain Emas, Nomor 3 Jarang Diketahui tapi Vital

Sabtu, 24 Desember 2022 - 09:13 WIB
loading...
Daftar Harta Karun yang Dihasilkan Freeport Selain Emas, Nomor 3 Jarang Diketahui tapi Vital
Tambang Freeport tak hanya menghasilkan emas semata. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Mendengar nama Freeport , yang pertama kali terlintas di pikiran adalah emas. Maklumlah, tambang Freeport di Papua merupakan salah satu tambang emas terbesar di dunia.



Diperkirakan cadangan emas Grasberg, bagian dari Freeport, mencapai 106,2 juta ons. Jumlah itu lebih dari dua kali lipat cadangan emas di Siberia, Rusia.

Berdasarkan perhitungan pada 2012, tambang emas Olimpiada, tambang di Siberia, memiliki cadangan sebesar 47,5 juta ons. Hingga Desember 2019, MIND ID, induk Freeport Indonesia, mengungkap bahwa cadangan (proven+probable) untuk emas Freeport Indonesia secara keseluruhan 29,08 juta troy ons.

Sejatinya, selain emas masih ada beberapa "harta karun" yang dihasilkan oleh Freeport. Bahkan, ada mineral yang sebenarnya merupakan bahan tambang yang paling banyak dihasilkan oleh Freeport.
Berikut tiga bahan tambang yang dihasilkan Freeport selain emas:

1. Tembaga
Presiden Direktur Freeport Indonesia Tony Wenas pernah mengatakan bahwa mengatakan, komoditas yang dihasilkan oleh Freeport dengan kandungan mineral utama adalah tembaga. Dari ore (bijih mentah) yang ditambang oleh Freeport tembaga merupakan mineral yang paling banyak didapatkan.

Menurut Tony, dari satu hasil tambang bijih atau ore, di dalamnya terdapat kandungan 1% persen. Sementara emas hanya dapat diperoleh sekitar 1 gram, dari hasil tambang ore sebanyak 1 ton. Jadi dalam 1 ton ore yang dihasilkan, kandungan tembaganya sebanyak 10 kg.

Mengutip laporan Freeport-McMoRan, produksi tembaga Freeport Indonesia pada 2021 berhasil mencapai 1,34 miliar pon (670 ribu ton), dan menjadi produksi tertinggi sejak 2011. Dari tahun 2011 hingga 2021, tembaga yang sudah dikeduk Freeport mencapai 4,9 juta ton.

2. Perak
Perak merupakan salah satu bahan mineral hasil bumi. Perak merupakan logam transisi lunak berwarna putih dan mengkilap. Perak juga punya nilai jual yang ditinggi, meski harganya di bawah emas.

Perak juga memiliki beberapa manfaat. Yang utama adalah digunakan untuk bahan pokok keperluan industri. Perak memiliki konduktivitas terhadap listrik yang tinggi jadi digunakan dalam fabrikasi sirkuit listrik. Selain itu menjadi bahan utama pelapis uap dalam industri elektronik. Perak juga digunakan sebagai bahan baku uang logam.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1548 seconds (0.1#10.140)