Tingkatkan Kesejahteraan UMKM lewat Pasar Digital

Senin, 26 Desember 2022 - 17:38 WIB
loading...
A A A
5. Tambah keterampilan
Keterampilan merupakan ilmu yang bisa dipelajari oleh siapa saja, termasuk pelaku usaha UMKM. Bekal keterampilan yang mumpuni bisa meningkatkan daya saing usaha sehingga lebih untuk. Bisnis yang dikelola pun bisa berkembang lebih maksimal.

6. Diversifikasi produk
Berikutnya diversifikasi produk. Dalam titik tertentu konsumen akan bosan mengkonsumsi suatu produk yang tidak ada perubahan. Karena itu perlu melakukan diversifikasi. Jika jenis usaha yang dipasarkan melalui kemajuan layanan digital adalah makanan, coba buat dengan rasa baru atau kemasan baru sehingga lebih menarik konsumen.

7. Membaca trend
Perkembangan pasar global sangat cepat. Saat ini barang dari luar negeri masuk dan menggeser pasar produk lokal dengan mudah. Apalagi kualitasnya lebih bagus dengan harga murah,pelanggan akan memilihnya. Produk luar juga sangat cepat mengikuti trend. Jika salah satu item laku, maka produk sejenis akan segera dilempar ke pasar.

Dengan memperhatikan trend pelaku UMKM tidak akan ditinggal oleh pelanggan. Apalagi jika bisa menyediakan produk dan layanan berkualitas dengan harga murah. Digitalisasi dalam bidang usaha dapat membantu

8. Tingkatkan engagement dengan konsumen
Keterikatan dengan pelanggan dapat menjadikannya datang untuk menggunakan jasa atau produk lagi. Cara meningkatkan engagement cukup mudah. Misal dengan menghubunginya, menanyakan kabar atau mengucapkan selamat ketika berulang tahun. meski terkesan simpel dan tidak butuh biaya namun bisa menjadikannya konsumen loyal.

9. Pilih platform paling sesuai
Banyaknya platform untuk bisnis tidak selalu menguntungkan. ada beberapa jenis yang mempunyai spesifikasi produk tertentu dan tidak cocok untuk item lain. Karena itu jangan salah memilih. Pastikan platform mendukung branding dari produk yang dipasarkan.

10. Jaringan bisnis solid
Jaringan bisnis bisa membantu penjualan produk yang dipasarkan. Apalagi jika bisa saling berkolaborasi dan memasarkan produk. Produsen suatu barang bisa membantu mengenalkan produk. Dengan demikian masing-masing bisa saling menguatkan penjualan dan omset UMKM.

Untuk mendapatkan jaringan bisnis yang bagus bisa dengan mengikuti forum UMKM setempat. Biasanya setiap wilayah terdapat komunitas yang memang bertujuan untuk membangun dan meningkatkan bisnis serta kesejahteraan pelaku usaha. Pameran yang sering dilakukan oleh jaringan juga bisa menjadi momen tepat untuk mengenalkan produk.

11. Bekerja sama dengan produsen sejenis
Jangan salah, menjalin interaksi dengan produsen sejenis dan mengenalkannya pada konsumen melalui aplikasi digital tidak selalu merugikan. Justru bisa saling mendukung pemasaran dan meningkatkan penghasilan.

Bisa dengan kerjasama membuat grade dan mengisi atau membantu memasarkan produk dari produsen lain sesuai grade tersebut. Agar aman, bisa membuat perjanjian khusus dengan produsen yang mempunyai produk sejenis tersebut.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1322 seconds (0.1#10.140)