Tingkatkan Kesejahteraan UMKM lewat Pasar Digital

Senin, 26 Desember 2022 - 17:38 WIB
loading...
A A A
12. Menggunakan website berkualitas
Website bagi pedagang pada masa digital ini sangat penting karena berfungsi sebagai pasar dan sarana komunikasi lintas waktu dan wilayah. Dengan website yang baik dan akses cepat, bisa membuat calon konsumen tertarik dengan produk, bahkan mereferensikannya pada orang lain.

Untuk bisa mendapatkan website berkualitas dapat dengan berlangganan domain. Meski harus membayar sewa setiap tahun, namun jika pengelolaan baik dan meningkatkan penjualan, maka keuntungan yang masuk akan bisa menutup biaya tersebut.

Sebagai pebisnis jangan segan untuk mengeluarkan biaya selama dapat memberikan keuntungan. Karena itu, sebelum mengambil keputusan sebaiknya melakukan Analisis terlebih dulu.

13. Bergabung ke marketplace
Pernah mengunjungi suatu marketplace? Terdapat banyak produsen dengan produk sejenis yang menawarkan dagangannya. Namun hampir semua bisa mendapatkan konsumen tertarget. Bergabung dengan marketplace sangat membantu pemasaran. Apalagi tidak jarang pasar online ini melakukan promosi untuk membantu seller mendapatkan keuntungan.

14. Kuatkan branding
Digitalisasi dalam semua bidang mampu menembus batas waktu dan ruang. Bahkan bisa menembus pasar lintas benua. Agar produk mudah dikenal dan menemukan konsumen, salah satu caranya dengan menguatkan brand atau melakukan branding.

Cara membuat branding bisa dengan mengenalkan produk dan menjaga kualitas serta nama baik dari perusahaan maupun personal yang terlibat di dalamnya. Meski sulit untuk mempunyai branding yang baik, namun setelah berhasil mendapatkannya akan berpotensi meningkatkan ketertarikan konsumen kepada produk atau pelayanan jasa tersebut.

15. Pahami optimasi SEO
Konten baik berupa gambar, video dan tulisan merupakan alat untuk lebih mengenalkan produk melalui pasar digital. Dengan memperhatikan aspek SEO, maka potensi konten untuk muncul di halaman pertama mesin pencarian sangat besar. Hal ini menjadikan lebih banyak orang yang mungkin mengakses dan tertarik dengan produk tersebut.

16. Siapkan konten berkualitas
Konten berkualitas bukan hanya yang berisi tentang deskripsi produk, tetapi memberi edukasi kepada masyarakat dan manfaat lain. Tujuannya agar secara tidak langsung tertarik untuk mengunjungi media sebagai pasar digital tersebut.

Dari ketertarikan menyaksikan atau membaca konten, akan mudah bagi pengelola untuk menawarkan produk atau jasa secara soft selling. Hampir semua orang tidak menyukai hard selling sehingga perlu menggunakan cara yang lebih mudah diterima. Salah satunya dengan menggunakan konten berkualitas.

17. Kenali kekuatan pesaing
Mengenal kekuatan pesaing sangat penting agar Anda bisa menemukan ide untuk menghadirkan produk yang lebih unggul. Anda bisa mencoba menggunakan produk pesaing sebagai salah satu cara untuk mengumpulkan informasi. Selain membuat produk lebih unggul, salah satu cara memenangkan persaingan dengan menciptakan item yang lebih inovatif.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2471 seconds (0.1#10.140)