Kalbe Luncurkan Nutrigenme Life, Tes Genomik dengan Solusi Komprehensif

Rabu, 28 Desember 2022 - 07:30 WIB
loading...
Kalbe Luncurkan Nutrigenme Life, Tes Genomik dengan Solusi Komprehensif
PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaan KALGen Innolab meluncurkan Nutrigenme Life.
A A A
JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) melalui anak perusahaan KALGen Innolab meluncurkan Nutrigenme Life, pemeriksaan genetik terbaru yang dapat menganalisa variasi DNA berkaitan dengan pola hidup individu. Proses sekuensinya gen dan analisanya akan dilakukan di dalam Negeri, sehingga KALGen Innolab menjadi laboratorium pertama yang melakukan tes nutrigenomik secara inhouse di Indonesia.

”Kalbe berkomitmen untuk terus berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup masyarakat, salah satunya dengan memberikan kesempatan bagi masyarakat Indonesia memperbaiki pola hidup dengan lebih tepat guna sesuai dengan variasi gen yang unik untuk tiap individu melalui Nutrigenme Life, pemeriksaan nutrigenomik yang dapat dikerjakan sendiri di Indonesia menggunakan platform Microarray sehingga harga menjadi lebih terjangkau dengan hasil yang lebih cepat,” ujar Presiden Direktur KALGen Innolab, Yuniar Linda.

“Dengan mengunakan sample air liur dan proses pemeriksaan genetik Nutrigenme Life dilakukan di Indonesia, hal ini menjadi sangat penting terkait dengan potensi penggunaan data biobank masyarakat Indonesia untuk kebutuhan riset dan pengembangan kedepannya,” lanjut Yuniar Linda.

Sejumlah ahli mengapresiasi pemeriksaan genetik Nutrigenme Life. Senior Scientist, Peneliti, dan Ahli Genomik Molekuler, Prof. dr. Herawati Sudoyo, M.Sc., Ph.D mengatakan, peran genomik menjadi sangat penting dalam transformasi sistem kesehatan di masa depan,terutama mengetahui bagaimana gen dan DNA memiliki pengaruh dalam merespon penyakit, metabolisme, dan berbagai hal di tubuh manusia.

Peneliti dan Ahli Genomik Molekuler, Drh. Safarina G. Malik, M.S., Ph.D pun menjelasakan, dua di antara tes genomik untuk variasi gen di bidang kesehatan ialah nutrigenomic dan pharmacogenomic. Nutrigenomic adalah ilmu yang mempelajari hubungan antara faktor genetik dengan nutrisi yang memiliki komposisi spesifik dan yang mampu menginduksi ekspresi gen dalam tubuh.

Sedangkan pharmacogenomic yaitu studi tentang peran genom dalam respons obat dan menganalisis bagaimana susunan genetik seseorang mempengaruhi respons mereka terhadap obat.

“Nutrigenme Life akan membantu dokter dan healthcare professional dalam menganalisa tipe genetik individu dan memberikan solusi secara personalized dan diharapkan membantu memecahkan masalah dan menjawab kebutuhan masyarakat terkait kesehatan dan healthy lifestyle secara tepat sasaran,” tutur Wakil Ketua PDGKI-Jaya (Perhimpunan Dokter Spesialis Gizi Klinik Indonesia DKI Jakarta), dr. Ida Gunawan, MS, SpGK (K) FINEM.

General Manager Kalbe Genomics Business, Julito Siahaan, memaparkan, sejak tahun 2017 GENME by Kalbe telah membuktikan dan mempertahankan secara stabil eksistensi. Dalam hal ini, dengan terus menjadi inovator dalam memberikan pelayanan pemeriksaan genetik untuk menunjang personalized lifestyle yang berperan dalam optimalisasi kualitas hidup seseorang. Ia menekankan bahwa yang paling penting terkait pemeriksaan genetik ialah tindak lanjut dari hasil analisa tersebut, tentang bagaimana rekomendasi bisa dijalankan dan memberikan hasil optimal.

“Nutrigenme Life menyediakan solusi komprehensif dengan jaringan komunitas dokter yang mendapatkan training dan bersertifikasi, sehingga mampu memberikan informasi yang efektif terkait pembacaan hasil report dalam memberikan action plan ke customer, dan dilengkapi dengan Personalized Customer Support untuk mendampingi customer. Selain itu, Kalbe memiliki ekosistem dalam mendukung kebutuhan pasien maupun dokter yang diperlukan dalam hal monitoring, konsultasi, terapi, dan suplemen untuk kualitas hidup yang lebih baik,” papar Julito.

Nutrigenme Life dapat menganalisis 70 gen yang ada di dalam tubuh untuk mendapatkan 55 traits yang terbagi dalam 12 panel. Kemudian, hasilnya akan dituangkan dalam bentuk report yang terdiri dari tiga kategori yaitu pola makan (diet), olahraga (sports) dan metabolisme nutrisi.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2138 seconds (0.1#10.140)