Ambil Bagian dalam Pembangunan Berkelanjutan, Kalbe Raih Proper Emas

Jum'at, 22 Desember 2023 - 22:47 WIB
loading...
Ambil Bagian dalam Pembangunan Berkelanjutan, Kalbe Raih Proper Emas
Kalbe menerima Proper Emas 2023 yaitu Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup sebagai salah satu tolok ukur keterlibatan perusahaan dalam upaya pembangunan berkelanjutan. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menerima anugerah Proper Emas 2023 yaitu Program Penilaian Peringkat Kinerja Perusahaan dalam Pengelolaan Lingkungan Hidup sebagai salah satu tolok ukur keterlibatan perusahaan dalam upaya pembangunan berkelanjutan .Presiden Direktur Kalbe Farma, Vidjongtius menerima Anugerah Proper Emas 2023 dari Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin di Jakarta, Rabu 20 Desember 2023 lalu.



Pada tahun 2023, selain fokus pada kerusakan lingkungan dan pencemaran, penilaian Proper Emas juga menyoroti aspek berkelanjutan lainnya, yaitu pengentasan kemiskinan, pengurangan kesenjangan, pemberdayaan perempuan, sistem pangan yang sehat untuk manusia dan ekosistem, serta mengubah sistem energi untuk meningkatkan efisiensi dan transisi menuju energi bersih.



Kategori Proper Emas diberikan kepada perusahaan telah melakukan pengelolaan lingkungan hidup lebih dari yang dipersyaratkan oleh peraturan yang berlaku, secara konsisten menunjukkan keunggulan pengelolaan dampak lingkungan dalam proses produksi dan jasa, melakukan upaya pembangunan berkelanjutan serta melaksanakan bisnis yang beretika dan bertanggung jawab terhadap masyarakat.

“Kalbe berkomitmen untuk ambil bagian dalam pembangunan berkelanjutan. Sebagai perusahaan di sektor kesehatan, Kalbe peduli dan berperan aktif dalam menangani berbagai isu ketimpangan kesehatan di Indonesia, seperti stunting, penyakit TB, diabetes serta perbaikan akses kesehatan,“ ujar Presiden Direktur Kalbe, Vidjongtius.

Sejak 2014, Indonesia telah memiliki Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) untuk memperbaiki isu ketimpangan kesehatan itu. Pemerintah Indonesia telah memiliki strategi memperkuat akses dan mutu pelayanan kesehatan di Indonesia, seperti peningkatan pelayanan kesehatan yang menyeluruh meliputi promosi kesehatan, pencegahan, diagnosa, penanganan dan pengelolaan penyakit, rehabilitasi dan pelayanan paliatif.

Lebih lanjut, pemerintah mendorong peningkatan produksi obat dan alat kesehatan dalam negeri. “Melalui sumber daya dan infrastruktur yang dimiliki Kalbe, kami akan terus berperan dalam mendukung tujuan pembangunan nasional khususnya di bidang kesehatan,” kata Vidjongtius.

Vidjongtius melanjutkan, saat ini Kalbe terus mendukung tanggung jawab pemerintah untuk memastikan ketersedian produk farmasi dan alat kesehatan, misalnya dengan menerapkan tata cara distribusi yang berkualitas sesuai CDOB (Cara Distribusi Obat Baik), memberikan akses produk obat yang terjangkau dan berkualitas melalui Obat Generik HJ Biru.

Selanjutnya, mengembangkan produk dalam negeri dengan TKDN tinggi serta terus melakukan R&D untuk pengembangan produk biologics, dan memberikan layanan terintegrasi untuk pasien kanker melalui edukasi, pengobatan dan treatment penyakit kanker yang menjangkau lebih dari 170 ribu pasien.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1930 seconds (0.1#10.140)