Pembalasan Kremlin ke Barat Soal Batasan Harga Minyak Tidak Sepadan, Benarkah Rusia Rentan?

Rabu, 28 Desember 2022 - 14:56 WIB
loading...
Pembalasan Kremlin ke Barat Soal Batasan Harga Minyak Tidak Sepadan, Benarkah Rusia Rentan?
Rusia melakukan aksi balasan atas pembatasan harga minyak mentah asal Moskow yang diterapkan pihak Barat dengan menutup ekspor minyaknya. Foto/Dok
A A A
MOSKOW - Rusia melakukan aksi balasan atas pembatasan harga minyak mentah asal Moskow yang diterapkan pihak Barat. Seperti diketahui negara-negara G7 bersama dengan Amerika Serikat (AS) serta Australia telah sepakat melarang perusahaan Barat mengasuransikan, membiayai, atau mengirimkan minyak mentah Rusia dengan harga di atas USD 60 per barel.

Maka sebagai balasan, Rusia pada hari Selasa waktu setempat resmi melarang penjualan minyak dan produk minyak buminya ke negara-negara yang membatasi harga jual mereka. Kebijakan terbaru Rusia tersebut diyakini bakal menambah ketidakpastian untuk pasar energi global ke depannya.



Tindakan Kremlin adalah upaya untuk merusak rencana AS dan sekutunya yang melarang pengiriman, pembiayaan atau pengasuransian minyak mentah Rusia yang dikirim lewat laut. Kecuali jika dijual seharga USD 60 per barel atau kurang, dimana sanksi tersebut sebagai respons atas invasi Rusia ke Ukraina.

Sebuah dekrit yang ditandatangani oleh Presiden Rusia, Vladimir Putin pada hari Selasa mengatakan, ekspor dilarang berdasarkan kontrak yang "secara langsung atau tidak langsung terhadap penggunaan mekanisme batas harga" antara 1 Februari dan 1 Juli.

Perintah itu menerangkan, Putin tidak menutup kemungkinan dapat membuat pengecualian. Bagaimana Kremlin memandang kontrak minyak dan dan seberapa luas ia memberikan dispensasi, berpengaruh soal seberapa besar gangguan besar yang tercipta bagi pasar global.

Ekspor minyak mentah Rusia saat ini banyak dijual jauh di bawah batas harga, terutama ke negara-negara seperti India, Cina, dan Turki yang belum setuju untuk bergabung dengan sanksi Barat.



Beberapa dari pengiriman tersebut berjalan dengan bantuan perusahaan-perusahaan Barat sesuai dengan ketentuan batas, menurut sumber terkait. Sementara yang lain dengan pembiayaan, pengiriman dan asuransi dari luar negara-negara Barat yang memberlakukan sanksi.

Jika Kremlin memutuskan untuk mengekang ekspor minyak ke pembeli non-Barat, itu dapat mengurangi pasokan global dan mendorong harga. Namun apabila sasarannya hanya negara-negara Barat yang menerapkan batas harga, dampaknya akan jauh lebih diredam karena mereka telah melarang sebagian besar impor Rusia.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1602 seconds (0.1#10.140)