Ujian Taktik Perang Minyak Barat Versus Rusia di 2023

Selasa, 03 Januari 2023 - 13:46 WIB
loading...
A A A
Pada kuartal kedua 2023 diperkirakan bakal terjadi kekurangan minyak. Pengguna industri di Eropa beralih dari gas alam ke gasoil yang lebih murah. Konsumsi di India dan Timur Tengah terbukti lebih tangguh dari yang diharapkan. Pembukaan kembali China mungkin akan memicu rebound ekonomi setelah kasus memuncak.

Sudah ada tanda-tanda bahwa larangan asuransi Eropa bisa berakhir lebih mengganggu daripada yang diharapkan. IEA, menganggap Rusia akan dipaksa untuk memangkas output sebesar 1,6m b/d, menjadi 9,6m b/d, pada kuartal kedua.

Pemuatan kelas yang lebih kecil Rusia atau disebut ESPO, tidak seperti Ural yang baru-baru ini diperdagangkan di atas USD60, hampir berkurang setengahnya sejak 5 Desember saat batas tersebut diperkenalkan. Jika meningkatnya permintaan minyak mendorong harga Ural di atas USD 60, pemilik kapal mungkin berpikir ulang untuk membawanya.

Rusia sendiri telah menebar ancaman bakal memotong pasokan ke negara-negara yang mematuhi batas tersebut, dan pertumbuhan di tempat lain diproyeksikan akan lesu.

Defisit pasokan global diyakini akan memakan saham global yang sudah tipis, dengan tetap mendekati posisi terendah lima tahun, menyebabkan harga naik lebih jauh. Semua ini berarti bahwa ujian sebenarnya dari taktik perang minyak Barat mungkin akan tiba di tahun 2023.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2506 seconds (0.1#10.140)