Tips MotionCredit: Bijak Mengelola Keuangan di Tahun Baru!

Rabu, 04 Januari 2023 - 14:30 WIB
loading...
Tips MotionCredit: Bijak Mengelola Keuangan di Tahun Baru!
Tidak hanya resolusi untuk meningkatkan kualitas diri, kualitas keuangan pun penting diperhatikan. Oleh karena itu, MotionCredit berbagi 3 tips mengelola keuangan di tahun yang baru. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Tahun baru merupakan momen yang dimanfaatkan banyak orang untuk membuat resolusi atau rencana yang ingin dilakukan selama setahun ke depan. Resolusi dapat berupa perbaikan terhadap apa yang sudah ada ataupun memulai sesuatu yang baru.



Tidak hanya resolusi untuk meningkatkan kualitas diri, kualitas keuangan pun penting diperhatikan untuk menopang kehidupan Anda dan keluarga. Oleh karena itu, MotionCredit berbagi 3 tips mengelola keuangan di tahun yang baru, antara lain:

1. Evaluasi Cash Flow di Tahun Sebelumnya
Sebelum mengelola keuangan di tahun yang baru, sebaiknya Anda memeriksa kembali rincian arus kas (cash flow) selama setahun sebelumnya. Cash flow ini untuk menggambarkan kondisi pendapatan dan pengeluaran Anda apakah minus, seimbang, atau surplus.

Pengeluaran Anda setiap bulan sebaiknya disesuaikan dengan pendapatan atau kemampuan keuangan Anda. Selain itu, Anda juga perlu mengatur dan mengalokasikan keuangan Anda sesuai kebutuhan, seperti tagihan, cicilan, kebutuhan rutin rumah tangga, tabungan dan investasi.

2. Tinjau Kembali Tujuan Keuangan
Sebelum menentukan tujuan untuk setahun ke depan, cek terlebih dahulu apakah tujuan Anda di tahun sebelumnya telah tercapai. Dengan demikian, Anda dapat mengatur kembali apa yang menjadi target dan tujuan yang ingin Anda capai, misalnya membeli rumah, menambah investasi, pendidikan anak, dan sebagainya.



Jika Anda telah menetapkan target, maka buatlah langkah-langkah apa saja yang dapat Anda lakukan untuk mencapai tujuan Anda, sehingga hal ini juga dapat menjadi bahan evaluasi di akhir tahun mendatang.

3. Kelola Keuangan secara Konsisten
Jika Anda telah mengevaluasi dan menetapkan tujuan keuangan, maka selanjutnya pengelolaan keuangan dapat Anda lakukan secara bertahap. Langkah-langkah perubahan ini perlu Anda lakukan dengan konsisten sehingga membentuk kebiasaan yang baik dan dapat ditanamkan kepada anak dan cucu Anda sejak dini.

MotionCredit merupakan aplikasi pembiayaan digital dari PT MNC Guna Usaha Indonesia (MNC GUI) dan PT MNC Finance (MNC Finance) yang bergerak sebagai perusahaan multifinance yang telah terdaftar dan berizin di Otoritas Jasa Keuangan.

MotionCredit membantu Anda mendapatkan pendanaan melalui MNC Dana Rumah, MNC Dana Mobil, dan MNC Dana Haji dengan mudah, transparan, dan aman. Download aplikasi MotionCredit di Google PlayStore/Apple AppStore melalui http://onelink.to/motioncredit

#LifeInMotion #MotionCredit #MNCDanaRumah #MNCDanaMobil #MNCDanaHaji #MNCFinancialServices #MNCFinance #MNCGunaUsaha #ResolusiKeuangan
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1864 seconds (0.1#10.140)