Suku Bunga Tinggi Bikin Bankir Hepi? Ini Kata Ekonom UI

Selasa, 10 Januari 2023 - 11:56 WIB
loading...
Suku Bunga Tinggi Bikin Bankir Hepi? Ini Kata Ekonom UI
Suku bunga kredit yang tinggi dinilai menguntungkan bank. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani sempat menyindir para bankir yang ekspresinya terkesan senang melihat suku bunga tinggi. Sindirian itu diungkapkan dalam CEO Banking Forum di Jakarta, Senin (9/1/2023).



"Kalau bicara tentang suku bunga naik itu Anda sebetulnya malah menari-nari di atas penderitaan semua orang. Saya sendiri beda sekali kalau bicara tentang kenaikan suku bunga, Anda kayaknya wajahnya malah lebih bahagia gitu," ujar Sri.

Fenomena tingginya suku bunga memang pada dasarnya menjadi sebuah margin keuntungan tersendiri bagi perbankan. Tingkat suku bunga otomatis memengaruhi bunga kredit bank, sehingga beban lebih banyak diberikan kepada setiap peminjamnya.

Menanggapi sindiran yang dilontarkan Sri Mulyani, ekonom LPEM FEB Universitas Indonesia (UI) Teuku Riefky mengatakan bahwa memang bank diuntungkan dengan adanya suku bunga yang tinggi. "Keuntungan bank adalah suku bunga yang tinggi membawa return kredit yang lebih tinggi," ucap Teuku kepada MNC Portal Indonesia di Jakarta, Selasa (10/1/2023).

Namun di sisi lain, sebut dia, sebetulnya ada cost-nya juga yang harus dibayar, karena biaya untuk suku bunga deposito meningkat. Terlebih lagi, untuk jangka panjang, kecil kemungkinan bagi suku bunga akan tinggi.



"Ini kecil kemungkinannya, karena suku bunga biasanya akan mengikuti pola inflasi," ucap Teuku.

(uka)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1245 seconds (0.1#10.140)