Erick Thohir Sowan Sri Sultan, Bahas Progres Jalan Tol Jogja-Solo

Kamis, 12 Januari 2023 - 21:09 WIB
loading...
Erick Thohir Sowan Sri Sultan, Bahas Progres Jalan Tol Jogja-Solo
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X di Kepatihan Kraton, Yogyakarta. FOTO/Instagram/@erickthohir
A A A
JAKARTA - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir bertemu Sri Sultan Hamengkubuwono X membahas sejumlah pembangunan di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Salah satunya terkait progres pembangunan jalan tol Solo-Yogyakarta.

"Hari ini saya dan Pak Menko @mohmahfudmd bertolak ke Jogja untuk berdiskusi dengan Sri Sultan Hamengku Buwono X mengenai pembangunan ekonomi daerah yang bisa membuka lapangan kerja lebih banyak lagi," ungkap Erick melalui akun Instagram resminya, Kamis (12/1/2022).



Erick Thohir bertemu Sri Sultan, bersama Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam), Mahfud MD. Tidak hanya soal pembangunan infrastruktur jalan tol tapi juga membahas pembangunan ekonomi daerah yang bisa membuka lapangan pekerjaan lebih luas lagi. "Tadi kami bicara bagaimana bagi saya ada kepastian untuk tol, sama kepastian Borobudur," kata Sultan HB X seusai pertemuan di Kepatihan Kraton Yogyakarta.

Salah satu permasalahan yang dibicarakan mengenai rencana pembebasan lahan. Pembangunan jalan tol ini tidak lepas dari keterlibatan dari BUMN dalam pelaksanaan di lapangan. "Tadi juga bicara mengenai program pengembangan pariwisata di Candi Borobudur yang bakal berdampak pada wilayah Joglosemar (Jogja, Solo dan Semarang)," tutur Sri Sultan.



Menurut Sultan, pembagian ruang dalam pelaksanaan program itu memerlukan kepastian karena melibatkan berbagai instansi sehingga diharapkan tidak ada benturan.

"Karena itu, kan juga menyangkut beberapa BUMN apalagi kan Borobudur sama Prambanan juga sudah dimaintain sama BUMN Borobudur-Prambanan. Saya nggak mau ada benturan dengan otoritas Borobudur karena di dalam program kepastiannya bagaimana menurut saya belum jelas," ucapnya.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1715 seconds (0.1#10.140)