Uang Elektronik jadi Solusi Jangkau Masyarakat Unbanked

Sabtu, 14 Januari 2023 - 20:01 WIB
loading...
Uang Elektronik jadi Solusi Jangkau Masyarakat Unbanked
Commercial Partnership Division Head MotionPay Wendy Warisman dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Cashless Society, Aman atau Rawan? yang disiarkan melalui kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (14/1/2023). Foto/tangkapan layar
A A A
JAKARTA - Hadirnya ekosistem uang elektronik atau e-money di Indonesia dinilai mampu menjangkau masyarakat yang selama ini belum terjangkau oleh perbankan.

Commercial Partnership Division Head MotionPay Wendy Warisman memandang proses perpindahan dari transaksi tunai (cash) menuju nontunai (cashless) terutama di kota-kota besar di Indonesia, sangatlah cepat.

"Kita melihat di kita itu shifting-nya sudah jauh banget terutama di wilayah Ibu Kota dan 10 kota besar. Itulah yang sebenarnya e-money ini lah yang lebih agile untuk masuk ke area yang unbanked," paparnya dalam Podcast Aksi Nyata bertajuk Cashless Society, Aman atau Rawan? yang disiarkan melalui kanal YouTube Partai Perindo, Sabtu (14/1/2023).



Tak dimungkiri hingga kini masih banyak orang-orang yang sama sekali tidak mengakses fasilitas bank maupun lembaga keuangan lainnya alias unbanked.

Menurut Wendy, salah satu penyebab banyaknya masyarakat Indonesia yang kesulitan untuk menjadi nasabah bank lantaran banyaknya persyaratan yang harus dipenuhi. Selain itu, literasi terkait perbankan juga masih belum maksimal.

"Kalau bicara nasabah bank kan harus persyaratannya lengkap banget, sedangkan di Indonesia piramid paling bawah besarnya itu sebenarnya banyak yang enggak punya kelengkapan dan literasinya masih kurang secara banking," tuturnya.



Wendy menambahkan, hadirnya e-money sebenarnya merupakan long tail menuju ke banking. "Jadi memang e-money mau nge-grab yang unbanked. Sehingga, pada saat di satu daerah misalnya di wilayah pedalaman, yang sulit dijangkau oleh ATM, di situlah hadirnya e-money," pungkasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1735 seconds (0.1#10.140)