Sandiaga Uno: 60% Penjualan UMKM Didorong Konten Kreatif

Minggu, 22 Januari 2023 - 17:30 WIB
loading...
Sandiaga Uno: 60% Penjualan UMKM Didorong Konten Kreatif
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat menjadi master mentor dalam acara Beasiswa Pelatihan Content Creator dan Photography yang digelar Sandination, di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023). FOTO/dok.Istimewa
A A A
BANDUNG - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno mendorong pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) melakukan digitalisasi untuk mengembangkan bisnis. Terlebih, penetrasi internet di Indonesia dan tren berbelanja secara daring semakin meningkat setiap tahun.

"Pariwisata kita sekarang lagi meningkat signifikan dan ekonomi kreatif kita juga melesat. Para pelaku UMKM ini harus mampu menciptakan konten-konten kreatif," ujar Sandiaga melalui pernyataannya saat menjadi master mentor dalam acara Beasiswa Pelatihan Content Creator dan Photography yang digelar Sandination, di Kota Bandung, Jawa Barat, Minggu (22/1/2023).



Sandiaga mendorong pelatihan konten kreator tersebut diharapkan melahirkan kalangan muda yang berkarakter dan pemimpin yang bisa membuka banyak lowongan kerja.

"Motivasi yang tadi diberikan adalah untuk menangkap peluang, be yourself, jadilah diri sendiri, gunakan kekuatan jejaring, dan ciptakan peluang usaha, dan lapangan kerja," kata dia.

Sandiaga menyebut 60% peningkatan penjualan saat ini didorong konten kreatif. Ia berharap, pelatihan tersebut bisa tepat sasaran, tepat manfaat, dan tepat waktu.

Sementara, Direktur Sandination Reni Fitriani mengatakan Sandiaga akan menjadi master mentor master dalam sejumlah program ke depan. Dia berharap, Sandination bisa menjadi lembaga pendidikan nonformal dalam mencetak pemimpin masa depan yang brilian, adaptif, dan tangguh dalam menggapai Visi Indonesia Emas 2045.

"Jadi kalau Sandination ini merupakan program untuk pengembangan diri terutama di kemampuan kepemimpinan baik itu dalam karier ataupun bisnis yang dimana kami mengangkat role model kita yaitu Pak Sandiaga Uno," ucap Reni.



Kegiatan yang awalnya ditargetkan diikuti 500 peserta ini pun menuai antusiasme kalangan pemuda dan masyarakat luas. Total ada 750 peserta yang hadir. Satu di antaranya yakni mahasiswa Universitas Garut, Nizam Ahmad Fuadi (21).

"Beliau ini sangat menginspirasi khususnya buat saya sebagai mahasiswa. Ingin mengikuti jejak beliau bahkan bisa melampaui beliau. Sosok yang sangat inspiratif banget," kata Nizam.

(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1216 seconds (0.1#10.140)