Ekonomi RI Kuartal II Diprediksi Tumbuh 5,2%

Senin, 27 Juli 2015 - 14:48 WIB
Ekonomi RI Kuartal II Diprediksi Tumbuh 5,2%
Ekonomi RI Kuartal II Diprediksi Tumbuh 5,2%
A A A
JAKARTA - Gubernur Bank Indonesia (BI) Agus Martowardojo memprediksi pertumbuhan ekonomi kuartal II/2015 bisa tumbuh 5,2%.

Menurutnya, pertumbuhan ekonomi kuartal II bisa lebih baik setelah terlihat beberapa proyek tender pemerintah khususnya Kementrian Pekerjaan Umum sudah 93% hampir selesai.

Bahkan, lanjut dia, pemerintah daerah juga sudah mempersiapkan pendampingan untuk merealisasikan bantuan desa. "Ini akan bisa membuat paling tidak di kuartal II, kita bisa tumbuh 5,2% dan kuartal III bisa tumbuh 5,3%. Jadi semester I belum terlalu baik tapi kita optimistis di semester II," kata Agus saat ditemui wartawan di Gedung OJK, Jakarta, Senin (27/7/2015).

Di samping itu, terkait pelemahan rupiah yang terus menerus terjadi selama beberapa pekan terakhir, BI mengklaim sebenarnya kondisi nilai tukar Indonesia dalam keadaan baik. Menurutnya, masyarakat dan investor tidak perlu khawatir terhadap nilai tukar rupiah.

"Kalaupun kita mendalami nilai tukar memang ada kondisi eksternal yang memengaruhi, yang utama perekonomian AS terus mengalami perbaikan. Kita juga mengikuti employment-nya menunjukkan perbaikan serta statement Gubernur The Fed bahwa fed fund rate akan meningkat," ujar Agus.
(izz)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.3613 seconds (0.1#10.140)